Home > Ragam Berita > Fahri Hamzah Sebut KPK Itu Sama Seperti PKI

Fahri Hamzah Sebut KPK Itu Sama Seperti PKI

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan beberapa alasan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) wajib direvisi. Dia menilai, revisi perlu dilakukan agar pimpinan KPK nantinya tidak sembarangan dalam bertindak.

Fahri Hamzah Sebut KPK Itu Sama Kayak PKI

Dia mencontohkan, saat proses pemilihan menteri di kabinet Presiden Joko Widodo. Saat itu Jokowi memilih menyeleksi nama-nama menteri melalui KPK dan PPATK.

“KPK dilibatkan dalam menyusun kabinet. Orang-orang dikasih stabilo merah di jidatnya. Lalu Presiden batal melantik. Saya dengar orang-orang yang batal itu luar biasa. Calon-calonnya cukup kita kenal. Itu kesalahannya, itu yang katanya akan ditersangkakan, mana?” kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/10).

“KPK membuat manusia normal jadi manusia gagal. Itu kan sama kayak PKI dulu,” ujarnya.

Fahri juga mencontohkan saat kasus calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan yang ditetapkan sebagai tersangka kepemilikan rekening gendut di saat menjelang fit and proper test di Komisi III DPR. Padahal, dia mengklaim Budi Gunawan merupakan sosok yang memiliki prestasi cemerlang selama berkiprah di kepolisian. Terlebih, Budi Gunawan dipilih Presiden dan sudah diterima pencalonannya oleh DPR.

“Budi Gunawan dinyatakan lolos di eksekutif dan legislatif. Tapi malah dijadikan tersangka. Lalu, dia bela diri di praperadilan dan dinyatakan tidak bersalah. Dipilih jadi Wakapolri. Tapi kok KPK diam saja? Karena apa? Karena KPK ini berpolitik. Buktinya BG jadi Wakapolri diam saja,” katanya.

Meski demikian, kata dia, nantinya bisa saja niatan revisi UU KPK mati di tengah jalan. Sebab, bisa saja Presiden menolak menyetujui revisi.

“Tapi jangan bahas terlalu jauh. Kalau Presiden enggak mau ya enggak bisa. Jangan seolah-olah yang dibuat bernafsu itu kita (DPR)” tandasnya. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Bela Anies Soal Pidato Pribumi, Hidayat Nur Wahid Sebut Jokowi dan Megawati Juga Pernah

Bela Anies Soal Pidato Pribumi, Hidayat Nur Wahid Sebut Jokowi dan Megawati Juga Pernah

Jakarta – Wakil Ketua Majelis Suryo PKS, Hidayat Nur Wahid, meminta agar pidato Anies Baswedan ...