Home > Ragam Berita > Setelah Sempat Rp 50 Ribu Perkilogram, Harga Cabai Kini Merosot Tajam

Setelah Sempat Rp 50 Ribu Perkilogram, Harga Cabai Kini Merosot Tajam

Jakarta – Pasokan cabai ke daerah Temanggung dan Magelang, Jawa Tengah, melimpah dalam dua minggu terakhir. Akibatnya harga cabai di dua daerah itu merosot. Wahyu, 40, seorang penjual sayur-mayur di Kecamatan/Kabupaten Temanggung, mengatakan sejak dua pekan terakhir harga cabai turun. Harga cabai rawit merah yang semula di kisaran Rp40 ribu-Rp50 ribu per kilogram (kg), saat ini hanya dijual Rp9.000-Rp10.000 per kg. “Pasokan cabai melimpah sehingga harga cabai turun. Kondisi ini sudah terjadi sejak dua minggu terakhir,” ujar Wahyu, kemarin.

Setelah Sempat Rp 50 Ribu Perkilogram, Harga Cabai Kini Merosot Tajam

Di Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang, Cipto, 50, mengaku menjual cabai rawit merah seharga Rp10.000 per kg. Harga tersebut merosot tajam dari dua pekan sebelumnya yang sempat mencapai Rp40 ribu-Rp50 ribu per kg. Anjloknya harga cabai, menurut Cipto, lantaran banyak cabai dari luar daerah masuk ke Magelang, seperti cabai asal Yogyakarta dan Jawa Timur. Melimpahnya pasokan membuat harga cabai turun drastis. “Para pengepul malah menawarkan cabai dari Kediri dengan harga Rp6.000-Rp7.000 per kg,” ujar dia.

Di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, terpantau kenaikan harga bahan kebutuhan pokok. Yusuf, 40, salah satu pedagang barang-barang kebutuhan pokok di Pasar Pembangunan, Pangkalpinang, mengatakan saat ini harga yang naik, yakni, bawang merah, kentang, dan kol. Yusuf menyebutkan untuk bawang merah dari Rp20 ribu per kg, kini naik menjadi Rp24 ribu per kg. Kentang dari Rp8 ribu per kg naik menjadi Rp10 ribu per kg.

Adapun kol dari harga Rp8 ribu per kg, kini harus ditebus seharga Rp10 ribu per kg. “Rata-rata naiknya Rp2 ribu per kg,” terang dia. Sementara itu, barang kebutuhan pokok lain seperti cabai rawit dan cabai besar stabil, tidak mengalami kenaikan harga. “Kalau cabai rawit hanya Rp32 ribu per kg, dan cabai besar Rp20 ribu per kg,” jelas Yusuf. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Sebut Ada 542 TPS Putaran Pertama Yang Hasilnya Janggal

Sandiaga Uno Sebut Ada 542 TPS Putaran Pertama Yang Hasilnya Janggal

Jakarta – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyebutkan bahwa ada 542 tempat pemungutan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis