Home > Gaya Hidup > Cara Mudah Berhenti Kebiasaan Merokok Bagi Orang Tua

Cara Mudah Berhenti Kebiasaan Merokok Bagi Orang Tua

Jakarta – Orang tua atau orang dewasa perokok yang sudah memiliki anak ternyata berpeluang besar untuk berhenti merokok. Sebuah studi mengatakan orang tua bisa berhenti merokok jika disadarkan soal bahayanya untuk anak.

Cara Mudah Berhenti Kebiasaan Merokok Bagi Orang Tua

Christine Jackson, peneliti senior dari RTI International, North Carolina, mengatakan ada hubungan antara komunikasi orang tua – anak dengan kemungkinan berhasil berhenti merokok. Dalam studinya, Jackson melihat orang tua akan lebih mudah untuk berhenti dan tidak kambuh jika disadarkan soal bahaya rokok untuk anak.

“Penelitian kami sangat penting karena ternyata ada cara lain untuk membantu orang dewasa berhenti merokok. Terutama orang dewasa yang sudah menjadi orang tua dan memiliki anak usia sekolah,” tutur Jackson, dikutip dari Reuters, Jumat (16/10/2015).

Studi dilakukan kepada 689 orang tua perokok yang memiliki anak usia 8 hingga 10 tahun. Rata-rata orang tua berusia 37 tahun dan sudah merokok minimal sejak usia 16 tahun. Mereka juga menghabiskan rata-rata 20 batang rokok perhari atau setara dengan satu bungkus rokok.

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama adalah kelompok yang ingin berhenti dan mendapat pendidikan soal bahaya rokok untuk anak. Sementara kelompok kedua juga orang tua yang ingin berhenti merokok, namun tidak diberikan pendidikan soal bahaya rokok untuk anak.

Hasil penelitian menemukan bahwa kemungkinan berhasil berhenti merokok dan tidak kambuh lebih besar pada kelompok pertama. Mereka memiliki kemungkinan 58 persen lebih besar untuk berhenti merokok dan tidak kambuh minimal satu tahun setelah penelitian dimulai.

Jonathan Bricker, pakar perilaku dari University of Washington mengatakan bahwa orang tua yang mendapat pendidikan soal bahaya rokok untuk anak kemungkinan besar juga mengajarkan hal tersebut pada anaknya. Dalam artian, mereka mengajarkan anaknya untuk tidak merokok.

“Ketika kamu mengajarkan sesuatu kepada orang lain, kami akan lebih konsisten melakukan hal tersebut. Dengan mengajarkan anak untuk tidak merokok, orang tua akan lebih mudah untuk menahan diri,” tutur Bricker.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Jakarta – Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang cukup menjengkelkan. Disamping kulit menjadi tidak nyaman, ...