Home > Ragam Berita > Usaha Kecil akan Semakin Menjerit Jika Subsidi Listri Dicabut

Usaha Kecil akan Semakin Menjerit Jika Subsidi Listri Dicabut

Jakarta – Mulai tahun 2016 mendatang, pemerintah melalui PT PLN (Persero) akan menghentikan subsidi lisrik untuk sekitar 23 juta pelanggannya di seluruh Indonesia. Menurut PLN, hal ini dilakukan karena subsidi tersebut pada kenyataannya tidak tepat sasaran.
Usaha Kecil akan Semakin Menjerit Jika Subsidi Listri Dicabut
Pencabutan subsidi tersebut akan dikenakan pada pelanggan yang memasangkan listrik berdaya 450 sampai 900 VA.

Sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang membuka usahanya di Pasar Senen, Jakarta Pusat, mengaku sudah mulai resah mendengar kabar tersebut. Kenaikan tarif listrik ini bisa saja membuat para pengusaha kecil gulung tikar.

Edward, salah seorang pengusaha bordir di Pasar Senen, Jakarta Pusat, mengaku bahwa saat ini, ketika dia menggunakan listrik bersubsidi dengan daya 900 VA, setiap bulannya dia harus membayar listrik sekitar Rp 500.000. Jika subsidi sudah dihentikan, biaya tersebut bisa saja membengkak menjadi dua kali lipat.

“Jelas berat sekali, barang buat bahan saja sekrang naik 20%, ini listrik mau naik lagi katanya tahun depan. Karena listrik, otomatis yang lain ikut naik lagi. Apalagi lagi sepi-sepinya,” jelas Edward, Minggu (1/11/2015).

Dengan omzet usahanya yang hanya sekitar Rp 20-30 juta per bulan, kenaikan tarif listrik tersebut jelas akan memukul telak biaya produksinya.

“Omzet yah paling banter Rp 30 juta sebulan, itu kan omzet, kalau untung sih kecil sekali. Ada 4 orang karyawan juga minta naik gaji, ada juga inflasi masih tinggi,” tambahnya.

Ade, pengusaha emblem dan aksesori militer, juga sepakat dengan pendapat Edward. Ia menilai bahwa saat ini, konsumennya sudah banyak berkurang karena mahalnya kebutuhan hidup. Bagaimana nanti jika tarif listrik dinaikkan?

“Sekarang masih sulit. Kalau mau naik yah bertahap, jangan langsung dicabut, ini orang beli lagi sepi karena orang juga lagi susah buat makan,” tandas Ade. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bill Gates Jadi Orang Terkaya Empat Kali Berturut-turut Versi Majalah Forbes

Bill Gates Jadi Orang Terkaya Empat Kali Berturut-turut Versi Majalah Forbes

Jakarta – Bill Gates, sang pendiri Microsoft, kembali masuk menjadi orang paling kaya di seluruh ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis