Home > Teknologi > Luar Biasa, Robot Asal China Ini Bisa Berjalan Sejauh 134 Kilometer

Luar Biasa, Robot Asal China Ini Bisa Berjalan Sejauh 134 Kilometer

Shanghai – Sebuah robot buatan Tiongkok berhasil masuk ke dalam rekor dunia. Pasalnya, robot tersebut mampu berjalan sejauh 134 km dalam waktu 54 jam, tentunya dengan sekali pengisian energi.
Luar Biasa, Robot Asal China Ini Bisa Berjalan Sejauh 134 Kilometer
Robot buatan Tiongkok yang berkaki empat ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh robot buatan Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir dari Xinhua (Senin, 2/11/2015), robot berkaki empat ini dinamai dengan Xingzhe No.1, dan dibuat oleh tim ilmuwan dan insinyur dari Chongqing University, Jurusan Pos dan Telekomunisi. Robot unik ini dibangun sejak November 2014 lalu.

“Robot itu berjalan memutari ruangan tertutup, dimulai 24 Oktober dan berakhir 27 Oktober 2015. Total ada 340.000 langkah sebelum akhirnya berhenti dan mengisi daya,” terang Prof. Li Qingdu, pemimpin tim perancang robot Xingzhe.

340.000 langkah yang dilakukan oleh Xinzhe No.1 ini terkonversi menjadi 134,03 km. Jarak sejauh itu ditempuh Xinzhe dalam waktu 54 jam, dengan energi yang dibutuhkan hanya sebesar 0,8 kwh.

Xinzhe secara resmi dinyatakan telah mematahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh ilmuwan AS. Robot AS ini dirancang oleh tim di Cornell University, dan mampu berjalan sejauh 65 km dalam waktu 30 jam, dengan energi yang hanaya berkapasitas 0,5 kwh.

“Tugas peneliti secara keseluruhan bukan hanya soal daya tempuh tapi juga mempelejari efisiensi listrik dan meningkatkan kehandalan robot,” ujar Li menjelaskan tujuan utama dari pengembangan teknologi ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...