Home > Gaya Hidup > Cara Cepat dan Aman Atasi Masalah Kutu Rambut Pada Anak

Cara Cepat dan Aman Atasi Masalah Kutu Rambut Pada Anak

Jakarta – Masalah kutu rambut ternyata tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya. Meskipun rambut kutuan tidak menimbulkan penyakit berbahaya, kutu tetap bisa menular dan membuat kulit kepala anak terasa gatal.

Cara Cepat dan Aman Atasi Masalah Kutu Rambut Pada Anak

Berdasarkan data yang dimiliki CDC (Centers for Disease Control and Prevention), tercatat ada sekitar 12 juta anak yang mengalami masalah kutu rambut per tahunnya. Bahkan yang paling berisiko tertular ialah anak usia 3-10 tahun. Karena pada rentang usia tersebut, anak masih sering melakukan kontak fisik yang dekat dengan orang dewasa ataupun teman-teman di sekitarnya.

Seperti dilansir dari Fox News (Selasa, 3/11/2015), sekolah menjadi salah satu tempat yang beresiko menjadi ajang penularan kutu. Karena di sekolah lah, anak-anak paling sering melakukan interaksi dengan teman-temannya.

Claire Roberts, CEO Lice Clinics of America, menjelaskan bahwa proses penularan kutu disebabkan oleh kutu dewasa yang aktif. Telur kutu memang tidak menular, namun ketika telur kutu berada dekat kulit kepala, butuh waktu 7-10 hari sebelum menetas. Jika dibiarkan, nimfa atau bayi kutu akan tumbuh dewasa dalam 1-2 minggu dan berpotensi kembali menularkan ke anak lainnya.


Baca juga:

Tato Rambut, Gaya Terbaru Kylie Jenner yang Kemungkinan akan Menjadi Tren

Ayu Dyah Andari Pamerkan Gaun Pengantin Muslim, Megah dan Bergaya Princess

Mendeteksi keberadaan kutu rambut juga sedikit susah. Walaupun telur kutu bisa terlihat, namun jika kasusnya belum parah maka kutu rambut akan sulit terdeteksi. Apalagi pada sebagian anak tidak akan merasa gatal jika tidak alergi terhadap air liur kutu.

Nah, lantas bagaimana cara mencegah anak tertular kutu rambut? Satu-satunya cara ialah orang tua harus selalu waspada dan rutin mengecek kondisi rambut anak dengan sisir khusus kutu.

Jika ada anggota keluarga yang terjangkit masalah kutu rambut, segera bersihkan kursi, karpet, sofa, bantal, dan barang-barang lain dengan vacuum cleaner. Jangan lupa keringkan berbagai barang tersebut dengan suhu tinggi selama 30 menit, karena kutu rambut akan mati pada suhu ekstrim baik panas ataupun dingin. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Edan! Gunting Operasi Bisa Tertinggal di Dalam Perut Pria Ini Selama 18 Tahun

Edan! Gunting Operasi Bisa Tertinggal di Dalam Perut Pria Ini Selama 18 Tahun

Jakarta – Sudah sering terdengar seorang pasien yang merasakan keluhan di dalam tubuhnya karena peralatan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis