Home > Ragam Berita > Indonesia Memiliki Peran Besar Dalam Perkembangan Islam di Amerika Serikat

Indonesia Memiliki Peran Besar Dalam Perkembangan Islam di Amerika Serikat

New York – Perkembangan Islam di Amerika Serikat (AS) ternyata tak lepas dari masyarakat muslim Indonesia yang berdomisili disana. Salah satu peran dari masyarakat muslim Indonesia ialah pembangunan masjid Al-Hikmah di New York.

Indonesia Memiliki Peran Besar Dalam Perkembangan Islam di Amerika Serikat

Bermula dari Agustus 1995 ketika masyarakat muslim Indonesia di AS membeli sebuah gudang di daerah Astoria, Queens New York yang selanjutnya diperuntukkan sebagai masjid.

Dana pembangunan masjid itu sendiri dikumpulkan oleh warga Indonesia di New York dan sekitarnya, serta dari sumbangan para donatur di Tanah Air.

November 1995 masjid tersebut diresmikan oleh Duta Besar RI untuk AS, Dr Arifin M Siregar, sebagai Masjid Indonesia. Seiring berjalannya waktu, masjid tersebut kini telah berubah nama menjadi Al-Hikmah.

Masjid tersebut tak hanya menjadi pusat kegiatan warga muslim Indonesia di daerah New York, tapi juga dimanfaatkan oleh umat muslim dari berbagai negara lainnya. Namun masjid Al-Hikmah tetap mempertahankan khatib warga Indonesia setiap salat Jumat.


Baca juga:

Prestasi Menteri Susi Turut Dongkrak Popularitas Rizal Ramli

ISIS Sanggup Berikan Gaji Rp 100 Juta Bagi Yang Ingin Bergabung Menjadi Militan

Selain itu pembangunan masjid Al-Hikmah ternyata juga banyak melibatkan para pendatang Muslim dari negara-negara lainnya di AS. Dampak positifnya, banyak warga Amerika yang kemudian tertarik mempelajari Islam, sehingga secara tak langsung lambat laun Islam makin berkembang di Negeri Paman Sam itu.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake Jr belum lama ini juga mengungkapkan fakta bahwa Islam merupakan agama dengan perkembangan paling pesat di AS, meskipun belum ada sensus resmi yang menghitung berapa jumlah umat muslim di AS saat ini. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Jakarta – Bareskrim Polri menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi pengadaan uninterruptible power supply (UPS) ...