Home > Ragam Berita > Menteri Susi : “Potensi Ekonomi Dari Ikan Kita Bernilai Sekitar Rp 200 Triliun Lebih”

Menteri Susi : “Potensi Ekonomi Dari Ikan Kita Bernilai Sekitar Rp 200 Triliun Lebih”

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengungkapkan bahwa ikan di laut Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, yakni mencapai USD 20 miliar, atau setara dengan Rp 200 triliun. Namun demikian, pemanfaatan di sektor ini masih kurang maksimal sehingga hasil tersebut seakan hanya berupa teori hitungan matematis belaka.

“Ikan itu ibarat uang tunai di dalam air. Potensi ekonomi dari ikan kita sedikitnya bernilai 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 200 triliun. Lebih besar dari penghematan subsidi BBM 30 persen,” papar Menteri Susi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/12/2015).

Selain pemanfaatannya yang kurang maksimal, praktik-parktik ilegal seperti pencurian ikan yang dilakukan kapal-kapal asing juga berkontribusi dalam menghambat perkembangan dunia perikanan di Nusantara.

“Sayangnya kita belum mampu memaksimalkan potensi tersebut. Kemarin, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa potensi ikan kita tumbuh 8,9 persen. Industri ikan tangkap tumbuh 40 persen. Artinya, produksi kita mencapai lebih dari 4 juta ton,” terangnya lagi.

Untuk saat ini, sambung Susi, nilai ekspor perikanan Indonesia telah mencapai nilai USD 4 miliar. Hasil ini masih dikategorikan kecil untuk kelas Indonesia sebagai negara kepulauan dan perlu terus digenjot.

“Kalau saat ini, nilai ekspor ikan kita kurang lebih 4 miliar dolar AS. Angka ini masih sangat kecil,” tandasnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Elektabilitas Jokowi di Bawah 50 Persen, Gerindra Optimis Prabowo Menang Pilpres 2019

Jakarta – Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menilai hasil survei dari beberapa lembaga ...