Home > Ragam Berita > Inilah Profil Singkat Lima Pimpinan KPK Periode 2015-2019

Inilah Profil Singkat Lima Pimpinan KPK Periode 2015-2019

Jakarta – Selasa siang (21/12/2015) tadi Presiden Joko Widodo baru saja melantik jajaran pimpinan dan Ketua KPK untuk periode 2015-2019 di Istana Negara. Seluruh pimpinan baru, serta 3 orang pelaksana tugas (Plt) hadir dalam pelantikan tersebut.

Sejumlah pihak menganggap komposisi dari lima pimpinan KPK baru ini akan menghambat dan mempengaruhi kinerja KPK lima tahun mendatang. Lantas seperti apa sosok pimpinan KPK tersebut?

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Senin (21/12/2015), berikut profil singkat dari lima pimpinan KPK periode 2015-2019:

Agus Rahardjo (Ketua)

Jabatan terakhir yang dipegang Agus Rahardjo adalah Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), dimana dirinya telah berkarir selama satu dekade. Sebelumnya, ia juga sempat menjadi Direktur Sistem dan Prosedur Pendanaan, Bappenas.

Pria 59 tahun ini juga menyandang gelar S2 Manajemen dari Arthur D Little Management Education Institute, Amerika Serikat.

Basaria Panjaitan

Basaria merupakan jenderal polisi berbintang 2, alias inspektur jenderal. Posisi terakhirnya adalah sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik.

Wanita 48 tahun ini merupakan polwan pertama di Indonesia yang diangkat menjadi inspektur jenderal. Basaria mengantongi gelar S2 Hukum Ekonomi di Universiats Indonesia.

Alexander Marwata

Alexander sebelumnya menjabat sebagai hakim adhoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Ia pernah pula menjadi auditor ahli Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dalam periode 1989-2011.

Untuk pendidikan terakhirnya, pria 48 tahun ini memngantongi gelar D-IV dari STAN Jakarta.

Thony Saut Situmorang

Thony merupakan doktor manajemen SDM dari Universitas Persada Indonesia. Sebelumnya, ia bekerja sebagai Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Pria berusia 56 tahun ini sudah 20 tahun mengabdi di BIN.

Pekerjaan lainnya dari Thony adalah dosen Kajian Strategik Intelijen Pascasarjana Universitas Indonesia, dan Direktur PT Indonesia Cipta Investama.

Laode Muhammad Syarif

Laode merupakan seorang doktor hukum lingkungan hidup internasional lulusan Universitas of Sydney, Australia. Sebelum diangkat menjadi salah satu pimpinan KPK, pria 50 tahun menjabat sebagai dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Laode juga aktif sebagai Senior Adviser Partnership for Governance Reform in Indonesia. Selain itu ia juga menjadi staf ahli Spesialis Pendidikan dan Pelatihan pada Proyek Pengendalian Korupsi Indonesia, yang dibiayai oleh USAID.

(Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Deklarasi Dukungan Kepada Ahok-Djarot Ditunda, PPP Kubu Romy Janji Jadwalkan Ulang Segera

Deklarasi Dukungan Kepada Ahok-Djarot Ditunda, PPP Kubu Romy Janji Jadwalkan Ulang Segera

Jakarta – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta kubu Romahurmuziy (Romi) ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis