Home > Travel & Kuliner > Kampung Teletubbies, Desa Wisata Ternama di Sleman

Kampung Teletubbies, Desa Wisata Ternama di Sleman

Yogyakarta – Teletubbies merupakan salah satu program televisi anak-anak yang cukup ikonik di tengah masyarakat Indonesia. Dalam acara tersebut, keempat karakter Teletubbies yakni Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po tinggal di sebuah rumah unik yang berbentuk setengah lingkaran.

Ternyata, rumah setengah lingkaran tersebut tak hanya ada di dunia Teletubbies saja. Di wilayah Kabupaten Sleman pun kita bisa menemukan rumah setengah lingkaran yang mirip dengan rumah Teletubbies tersebut.

Rumah unik itu terletak di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat setempat. Bahkan, desa tempat rumah Teletubbies tersebut pun mendapat julukan sebagai Kampung Teletubbies, dan dijadikan sebagai kawasan Desa Wisata.

Ketika memasuki perkampungan unik yang dibangun pada tahun 2006 itu, kita akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah setengah lingkaran yang juga disebut dengan rumah dome. Sebagian besar rumah dome di sana di cat dengan warna putih, dengan sedikit variasi di bagian pintu dan jendelanya.
Kampung Teletubbies, Desa Wisata Ternama di Sleman
Di perkampungan yang bernama asli “New Nglepen” ini, terdapat 80 bangunan yang terdiri dari 71 rumah hunian warga, 6 fasilitas MCK, satu masjid, satu aula, dan satu lagi untuk klinik kesehatan. Mayoritas bangunan tersebut berbentuk setengah lingkaran.
Kampung Teletubbies, Desa Wisata Ternama di Sleman
“Perkampungan ini dibangun oleh lembaga sosial dari luar negeri untuk menampung penduduk Nglepen yang sebagian besar setelah gempa tidak memiliki rumah. Selain itu wilayah tempat tinggal kami yang dulu juga sudah tidak boleh dibanguni rumah,” ungkap Widi (60), salah satu penduduk di Kampung Teletubbies. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Dua Panda Raksasa dari China Akan Segera Menghuni Taman Safari Bogor

Dua Panda Raksasa dari China Akan Segera Menghuni Taman Safari Bogor

Bogor – Tidak lama lagi para pengunjung Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor, akan segera ...