Home > Ragam Berita > Menteri Jonan Tak Akan Beri Ampun Untuk Pilot Yang Gunakan Narkoba

Menteri Jonan Tak Akan Beri Ampun Untuk Pilot Yang Gunakan Narkoba

Jakarta – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengancam akan mencabut sertifikat atau izin pilot dan kru yang terbukti mengonsumsi narkoba jenis sabu. Hal ini juga telah disampaikan oleh Jonan kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) mengenai data atau identitas para pelaku.

“Kalau sudah dapat, kita cabut izinnya, cabut izin pilot, dan cabut izin kru,” kata Jonan saat diwawancarai, Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Jonan mengungkapkan, pengecekan kesehatan diterapkan pemerintah setiap kali pilot ingin melakukan lepas landas. Pengecekan kesehatan tersebut dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

“Hanya tes kesehatannya di kita, jika mau dapat sertifikat. Kalau kena narkoba, ya kita buang. Kalau itu (narkoba) saya gak mau ampun, saya gak mau suspend, saya mau cabut seumur hidup,” tambahnya.

Jonan menjelaskan, pencabutan izin yang dilakukan Kemenhub tidak hanya pencabutan sebatas peringatan, akan tetapi dilakukan seumur hidup. Menurut Jonan, sejauh ini aturan rekrutmen pilot dan juga kru kabin pesawat tidak diatur oleh Kemenhub, melainkan aturan masing-masing maskapai.

(Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Jakarta – Bareskrim Polri menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi pengadaan uninterruptible power supply (UPS) ...