Home > Ragam Berita > Mengenai Kata-kata Ucapan Selamat Natal, Begini Aturan MUI

Mengenai Kata-kata Ucapan Selamat Natal, Begini Aturan MUI

Jakarta – Belakangan ini publik Indonesia kembali ramai dengan perdebatan terkait haram atau tidaknya mengucapkan Selamat Natal bagi umat Islam. Menanggapi hal tersebut, MUI mulai buka suara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Kamis (24/12/2015), Din Syamsudin selaku Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia mengungkapkan bahwa umat Islam boleh saja mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristen yang akan merayakan Natal pada 25 Desember esok.

“Silakan saja jika memang ada keperluannya,” ungkap Din saat ditemui di Kantor MUI pada Rabu (23/12/2015).

Din menambahkan bahwa umat Islam boleh saja memberi ucapan selamat Hari Natal, asalkan tidak melibatkan keyakinan. Hal tersebut sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

Meskipun begitu, mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut menegaskan bahwa umat Islam dilarang keras mengikuti rangkaian perayaan ataupun menggunakan simbol keagamaan tertentu.

“Mengenakan atribut keagamaan atau simbol-simbol keagamaan itu sangat tidak diperbolehkan, apapun alasannya,” jelas Din Syamsudin.

Menurut Din, toleransi beragama seharusnya memperlihatkan bahwa Indonesia sebagai negara yang majemuk dapat hidup berdampingan antar umat beragama. Mengucapkan selamat Natal memang diperbolehkan sebagai bentuk toleransi dan simpati antar umat beragama, namun tidak dengan mengenakan atribut keagamaan ataupun mengikuti perayaahn agama lain. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Karena Butuh Pinjaman, Ratusan Wanita Rela Foto Tanpa Busana Sebagai Jaminan

Karena Butuh Pinjaman, Ratusan Wanita Rela Foto Tanpa Busana Sebagai Jaminan

Beijing – Sebagian orang bisa bertindak nekad bila sedang mengalami kesulitan ekonomi. Hal ini juga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis