Jakarta – Besarnya toleransi antar beragama masih terlihat meskipun sampai saat ini masih banyak perdebatan mengenai halal-haramnya mengucapkan “Selamat Natal”.

Hal ini terlihat saat pelaksanaan misa malam Natal dan misa Natal di Gereja Katedral juga didukung oleh pengelola Masjid Istiqlal yang berlokasi tepat di depan gereja. Pihak Masjid Istiqlal memberikan dukungan dengan menyediakan lapangan parkir.

“Contoh nyatanya dalam hal parkir. Dalam perayaan besar ini, umat butuh lahan yang besar untuk parkir. Kami sudah mohon izin menggunakan lahan di Istiqlal untuk parkir. Istiqlal sudah memperbolehkan parkir kendaraan umat Katedral di Masjid Istiqlal,” ujar Erik Muliawan selaku panitia perayaan Natal di Gereja Katedral, Jalan Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (24/12/2015).

Erik juga menambahkan, kerja sama antara Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal sudah terjalin sejak lama. Bukan hal baru kedua pengelola rumah ibadah tersebut saling membantu ketika ada perayaan besar.

“Secara letak geografis juga kita kan berseberangan. Koordinasi dan komunikasi kami dengan pengelola Masjid Istiqlal berjalan sangat baik. Sudah dari tahun ke tahun, bukan tahun ini saja,” tutup Erik.
(Rani Soraya – www.harianindo.com)