Home > Gaya Hidup > Mengapa Ada Anak Kecil yang Takut dengan Santa Claus ?

Mengapa Ada Anak Kecil yang Takut dengan Santa Claus ?

Adelaide – Saat Natal tiba, sebagian besar anak-anak pasti ingin bertemu dengan Santa Claus. Namun demikian, kadangkala ada pula anak yang justru takut dengan sosok orang tua berjenggot putih berpakaian serba merah yang suka membagikan kado kepada anak-anak tersebut.

Seperti dilansir dari health.detik.com, yang mengutip dari ABC Australia (Minggu, 27/12/2015), seorang terapis okupasi dari Department of Education and Childhood Development, Adelaide, yang bernama Mandy Seyfang, mengatakan bahwa wajar adanya bila seorang anak takut atau merasa tak nyaman ketika duduk di pangkuan Santa Claus untuk berfoto dengannya.

Menurut Seyfang, itu adalah satu bentuk ketakutan seorang anak terhadap orang asing yang belum pernah ditemuinya.

“Ini berarti tumbuh kembangnya baik, dan ini natural,” terang Seyfang.


Baca juga

Jemaat Bertepuk Tangan Usai Pendeta Lantunkan Shalawat di Ibadah Natal

Menurut Ahok, Pemakaian Topi Santa Tidak Perlu Dipermasalahkan

Tanda-tanda ketakutan terhadap orang asing, khususnya Santa Claus, bisa terlihat mulai anak berumur 6-9 bulan, dan lalu berkembang hingga ia memasuki usia sekolah.

Untuk mengatasi hal ini, lanjut Seyfang, orang tua perlu melakukan pendekatan secara perlahan. Beri pengertian si kecil bahwa Santa Claus bukanlah orang asing yang patut ditakuti, apalagi hanya untuk sekedar berfoto dengannya.

“Baru nanti anak-anak bisa memastikan apakah orang ini ‘aman’ atau tidak dari perilaku orang tuanya, apakah mendukung atau tidak,” terang Seyfang lagi.

Namun demikian, bila anak-anak tetap menunjukkan perilaku ketakutan yang tidak wajar, ada baiknya anda mulai menemui pakar di bidang psikologi anak. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...