Home > Ragam Berita > Ketika Agama Dipakai Oleh Narapidana Demi Mendapat Potongan Hukuman

Ketika Agama Dipakai Oleh Narapidana Demi Mendapat Potongan Hukuman

Cibinong – Beragam upaya ditempuh sejumlah narapidana untuk mendapatkan keringangan hukuman. Bahkan beberapa napi rela berpindah agama demi mengejar remisi khusus yang diberikan pemerintah setiap hari raya keagamaan.

Supriyanto selaku Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II A Cibinong (Pondok Rajeg) mengungkapkan jika tiap moment remisi khusus, tidak jarang ada napi yang mengaku telah berpindah agama demi mendapatkan remisi.

“Kalau Natal, dia buru-buru ganti agama Kristen, nanti mendekati Lebaran, dia pindah ke agama Islam. Parahnya, jika mau Imlek, dia pun ganti agama,” terangnya (Minggu, 27/12/2015).

Modus yang dijalani, jauh sebelum momen besar keagaaman, napi tersebut akan lebih dahulu menyiapkan perubahan agamanya dengan mengajukan permohonan kepada kalapas. Setelah akal bulus napi tersebut diketahui, pihaknya bersurat ke Kementerian Hukum dan HAM meminta remisi untuk dicabut.

“Kami aneh, kok bisa orang ini (napi,red) berubah agama tiap tahun. Oh, ternyata karena remisi,” terangnya.

“Kami sudah kerjasama dengan Kemenag. Kalau ada yang ngaku sudah masuk kristen, untuk dapat remisi natal, dia harus punya surat dari Kemenag. Kalau pindah agama saat di dalam. Kami akan hadirkan pastur untuk dibaptis. Hal itu berlaku pula, bagi Islam, Konghucu, Budha dan Hindu,” tuturnya.(Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Proyek MRT Terkendala Lahan, Anies Perintahkan Wali Kota Jaksel Segera Eksekusi

Proyek MRT Terkendala Lahan, Anies Perintahkan Wali Kota Jaksel Segera Eksekusi

Jakarta – Terkendalanya proyek pembangunan stasiun mass rapid transit (MRT) karena masalah pembebasan lahan membuat ...