Home > Ragam Berita > Kepolisian Amankan Ribuan Petasan Siap Pakai dari Pabrik Rumahan

Kepolisian Amankan Ribuan Petasan Siap Pakai dari Pabrik Rumahan

Jakarta – Petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya dilaporkan telah melakukan penggerebekan terhadap sebuah pabrik rumahan pembuat petasan yang dimiliki oleh Samin Sugiono. Pabrik ini terletak di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Dari penggerebekan yang dilakukan pada Rabu (30/12/2015) dinihari tersebut, petugas mengamankan sejumlah petasan siap ledak.

“Petugas menyita sejumlah petasan siap ledak dan bahan baku lainnya,” terang Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Krishna Murti, di Jakarta, Rabu (30/12/2015) pagi tadi.

Seperti dilansir dari Rimanews (Rabu, 30/12/2015), Krishna menerangkan lagi bahwa petugas telah menyita 10 bal petasan berukuran besar, lalu bahan baku pembuatnya berupa sulfur, tanah merah, kardus, dan sumbu. Ia mengungkapkan bahwa penangkapan ini merupakan hasil pengembangan dari penangkapan pembeli bahan baku di Jakarta.

Krishna juga mengatakan bahwa sebenarnya, masih ada beberapa pabrik pembuatan petasan yang terletak di wilayah Parung. Namun demikian, Polda Metro Jaya tidak bisa langsung melakukan tindakan karena lokasinya telah memasuki wilayah yurisdiksi Polda Jawa Barat.

Menjelang perayaan Tahun Baru 2016, Krishna menegaskan bahwa polisi akan menindak tegas masyarakat yang kedapatan menjual atau membawa petasan. Semua itu dilakukan berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata api dan bahan peledak, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

PBNU Menilai Tak Perlu Lagi Acara Nobar Film G30S PKI

PBNU Menilai Tak Perlu Lagi Acara Nobar Film G30S PKI

Jakarta – Aizzudin Abdurrahman yang merupakan Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) memberikan komentar terkait ...