Home > Ragam Berita > Filipina Akan Gunakan Kapal Perang Buatan Indonesia

Filipina Akan Gunakan Kapal Perang Buatan Indonesia

Jakarta – PT Pal Indonesia dikabarkan akan merilsi sebuah kapal perang yang dipesan oleh Filipina. Proses pengerjaan kapal berjenis “Strategic Sealift Vessel” (SSV) tersebut telah mencapai 90 persen.

Seperti dilansir dari Antara (Rabu, 30/12/2015), PT PAL Indonesia akan merilis kapal perang tersebut pada 18 Januari 2016 mendatang. Direktur Produksi PT PAL Indonesia, Edy Widarto, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dalam peluncuran kapal tersebut.

Momen ini cukup penting bagi Bangsa Indonesia. Sebab, ini merupakan kali pertama Indonesia melakukan ekspor kapal perang.

“Kita masih menunggu konfirmasi dari beliau (presiden), sebab peluncuran atau ‘launching’ ini sekaligus menjadi bagian dari uji coba pertama bagi kapal perang buatan anak bangsa,” ujar Edy, Selasa (29/12/2015) kemarin.

Dalam launching-nya nanti, kapal perang berteknologi tinggi itu akan dijui coba untuk mengapung di laut. Selain itu, akan ada pengujian daya tahan terhadap serangan musuh serta berbagai instrumen canggih yang terpasang di dalamnya.

“Setelah peluncuran, kemudian kita sempurnakan dengan melakukan pengecatan sesuai pemesan dan menyambung lagi beberapa komponen peralatan listrik,” tandas Edy.

Bila semua proses berjalan lancar, maka PT PAL Indonesia akan secara resmi menyerahkan kapal perang tersebut kepada Pemerintah Filipina pada Mei 2016 nanti. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Enggan Berkomentar Soal Status Tersangka Rekan Bisnisnya

Sandiaga Uno Enggan Berkomentar Soal Status Tersangka Rekan Bisnisnya

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tidak ingin mengomentari terkait penetapan status tersangka ...