Home > Ragam Berita > PKS Tak Lagi Sejalan, KMP Bakal Bubar

PKS Tak Lagi Sejalan, KMP Bakal Bubar

Jakarta – Tahun 2016 diprediksi akan menjadi tahun terakhir dari kelangsungan Koalisi Merah Putih (KMP), yang merupakan koalisi dari partai politik oposisi pemerintahan Jokowi-JK. Bahkan salah satu parpol pencetusnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), disebut sudah tak lagi sejalan dengan KMP.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Sabtu (2/1/2016), hal tersebut diungkapkan oleh Fahri Hamzah selaku Sekretaris Harian KMP. Politisi PKS tersebut menganggap bahwa di tahun 2016 KMP akan benar-benar diuji.

“Sejak awal, sudah banyak yang meragukan kelangsungan KMP,” ungkapnya kepada awak media, pada Jumat (1/1) kemarin.

Menurut Fahri Hamzah, pasca setahun menguasai DPR-MPR, KMP memang dapat bertahan meski menunjukkan gelagat pelemahan di akhir tahun 2015.

Salah satunya terlihat dari beberapa parpol yang mulai mendukung koalisi pemerintah. Sebut saja PAN, yang telah mengumumkan bertahan di KMP meski juga bergabung dengan koalisi pemerintah. Selain itu beberapa parpol lain seperti PKS dan Partai Demokrat juga terlihat mulai berpihak pada koalisi pemerintah, seperti yang tampak pada persidangan Setya Novanto di MKD beberapa waktu lalu.


Baca juga:

Bom Rakitan Meledak di Kediaman Ridwan Kamil

Pesta Perayaan Tahun Baru, Jalanan London dipenuhi Pemabuk

Fahri Hamzah melanjutkan bahwa saat ini yang setia bertahan bersama KMP hanya tinggal Gerindra, Golkar dan PPP. Dengan berbagai faktor tersebut, apakah KMP masih relevan sebagai koalisi parpol oposisi pemerintah? (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...