Home > Travel & Kuliner > Yuk Coba Resep Nasi Lemak, Santapan Khas Suku Melayu

Yuk Coba Resep Nasi Lemak, Santapan Khas Suku Melayu

Riau – Bicara soal kuliner khas Melayu pasti tidak luput membicarakan Nasi Lemak. Nasi Lemak merupakan salah satu hidangan nasional dari Malaysia dan Indonesia.

Bahkan hidangan yang biasanya dihidangkan pada saat sarapan ini juga bisa ditemukan di Singapura dan Brunei Darussalam.

Nasi Lemak adalah nasi yang dimasak bersamaan dengan santan kelapa yang memberikannya citarasa gurih. Terkadang daun pandan juga dimasukkan ketika memasak nasi lemak untuk memperkuat aromanya.

Penyebutan lemak dalam Bahasa Melayu atau lamak dalam Bahasa Minangkabau sebenarnya merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan dari santan kelapa yang melepaskan kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah ditanak.

Nasi lemak pada umumnya dihidangkan dengan telur (yang direbus, digoreng mata sapi, atau didadar), irisan mentimun, ikan bilis atau teri goreng, dan sambal, cabai. Tetapi saat ini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk-pauk seperti tempe, tahu, petai, kacang tanah goreng, kacang panjang, sate, daging, ayam, sotong, cumi-cumi, udang, kerang, ikan, limpa, dan ataupun ati sapi, yang juga sering disertai juga dengan parutan kelapa.

Saat ini, nasi lemak banyak dijajakan di rumah makan, warung, jajanan pinggir jalan, serta para penjaja makanan keliling. Nasi Lemak lazim disebut dengan nama demikian di Semenanjung Malaya, Sumatera, Singapura dan Brunei. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Denpasar – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat ini tengah berlibur di Bali setelah ...