Home > Ragam Berita > Sempat Menduga Foto Jokowi Rekayasa, Jonru Minta Maaf

Sempat Menduga Foto Jokowi Rekayasa, Jonru Minta Maaf

Jakarta – Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah foto yang menunjukkan pose diriny sedang duduk santai di sebuah dermaga. Lokasi tempat pengambilan foto tersebut ternyata berada di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, yang merupakan sebuah kawasan wisata yang luar biasa indah.

“Fajar perdana 2016 di dermaga Waiwo, Raja Ampat, tempat terbaik di dunia untuk snorkeling -Jkw,” demikian tulis Presiden menyertai foto tersebut.

Setelah beberapa waktu berselang, ternyata foto Presiden Jokowi yang sedang bersila dengan mengenakan kemeja putih bersarung coklat-oranye tersebut menuai reaksi dari netizen. Salah satunya adalah “selebriti media sosial”, Jonru.

Pria asal Sumatera Utara tersebut meragukan keaslian dari foto Presiden Jokowi tersebut. Sebab, ada perbedaan drastis antara pencahayaan yang mengarah pada Presiden, dengan redupnya cahaya matahari fajar.

Namun demikian, dengan reaksi negatif dari para netizen, Jonru pun akhirnya melakukan “riset internet” lebih mendalam. Akhirnya, ditemukan bahwa foto tersebut adalah asli, dan perbedaan cahaya yang terlihat dalam foto tersebut disebabkan oleh pancaran sinar blitz atau flash kamera.

Dengan kesalahan tersebut, Jonru pun menuliskan permintaan maafnya pada Sabtu (2/1/2015). Berikut ini permintaan maafnya.


“Sesuai janji saya, foto Jokowi tentang Sunrise di Raja Ampat tadi telah saya hapus. Sebab dari hasil komentar sejumlah teman, saya mengambil kesimpulan:

1. Itu foto asli (terbukti dari beredarnya sejumlah foto lain di tempat yang sama dengan pose yang berbeda, dan tanpa efek apapun)

2. Foto yang terlihat seperti tempelan, mungkin karena efek pemakaian flash saat memotret.

3. Oleh desainer (bukan fotografer), foto itu diedit dengan Photoshop. Namun editannya BUKAN dalam bentuk montase (tempelan), melainkan editing berupa efek2 cahaya saja. Mungkin agar fotonya terlihat lebih jelas dan dramatis. Kalau editan yang seperti ini sih, tentu tidak ada masalah.

Dengan penghapusan status tersebut, saya minta maaf kepada teman2 sekalian jika ada kekhilafan dari pihak saya. Sebab saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Dan dari kesalahan, kita bisa belajar banyak hal. Termasuk belajar menganalisis keaslian foto
smile emoticon

Terima kasih, salam sukses selalu!”

Sempat Menduga Foto Jokowi Rekayasa, Jonru Minta Maaf

(Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Tidak Mendukung UU Pemilu, PAN Disarankan Mundur dari Kabinet Kerja

Tidak Mendukung UU Pemilu, PAN Disarankan Mundur dari Kabinet Kerja

Jakarta – Partai koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-JK menyarankan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mundur dari ...