Home > Gaya Hidup > Mengintip Geliat Warga di Kampung Kampung Bonsai Dusun Tulung Lamongan

Mengintip Geliat Warga di Kampung Kampung Bonsai Dusun Tulung Lamongan

Lamongan – Warga di Dusun Tulung, Desa Wanar, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, memiliki aktivitas bersama yang cukup unik. Kegiatan yang berawal dari hobi tersebut kini bahkan bisa menjadi satu sumber mata pencaharian warga di sana.

Lantas kegiatan apa yang ditekuni oleh warga di Dusun Tulung tersebut? Kegiatan tersebut adalah pembudidayaan tanaman bonsai.

Seperti dilansir dari Tribunnews (Sabtu, 2/1/2016), tidak jelas siapa dan kapan yang memulai geliat jual-beli dan budidaya bonsai di Dusun Tulung. Yang jelas, dengan perkembangannya saat ini, mayoritas penduduk di kawasan tersebut menekuni bisnis tanaman hias yang kerdil namun indah tersebut.

Dengan tingginya aktivitas bisnis dan budidaya bonsai di sana, Dusun Tulung pun mendapatkan julukan sebagai “Kampung Bonsai”.

“Awalnya kan warga desa sini banyak yang jadi tukang taman, setiap taman biasanya minta diberi bonsai, biar tamannya lebih bagus, nah dari situ muncul ide untuk buat bonsai sendiri. Sekarang hampir semua warga sini membuat bonsai, kira-kira sudah lima tahun,” kisah Zainul Husa, salah satu pengrajin bonsai.

Menurut Zainul, bonsai merupakan satu jenis usaha minat khusus. Bisnis ini tidak pernah sepi pembeli karena bonsai memang memiliki penggemar yang tidak berkembang berdasarkan musiman. Selain itu, bonsai memang sangat awam digunakan untuk menghiasi taman atau halaman rumah.

Bisnis bonsai di Dusun Tulung pun sudah mulai berkembang ke luar Kabupaten Lampongan. Sejumlah konsumen dari kota-kota lain di Jawa Timur sudah sering memesan bonsai dari kawasan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Tetap Efiesien di Usia Senja? Coba Saja Senam Otak ala Denzel Washington

Ingin Tetap Efiesien di Usia Senja? Coba Saja Senam Otak ala Denzel Washington

Los Angeles – Salah satu pemeran film The Magnificent Seven, aktor senior Denzel Washington, menilai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis