Home > Teknologi > Player Tree of Savior Protes, Tolak Kebijakan Nexon

Player Tree of Savior Protes, Tolak Kebijakan Nexon

Seoul – Baru-baru ini, sebuah aksi protes dan unjuk rasa dilakukan oleh player dari game MMORPG Korea Selatan, Tree of Savior. Mereka menolak kebijakan baru yang diambil sang developer, Nexon, yang diterapkan di server Korea Selatan.

Berdasarkan penelusuran Harian Indo, Sabtu (2/1/2016), para gamer Korsel memprotes satu kebijakan baru yang dinilai fatal bagi game itu sendiri, yakni dihilangkannya fitur bertransaksi antar pemain di dalam game. Nexon menghilangkan fitur tersebut dengan alasan untuk mengantisipasi terjadinya aktifitas jual-beli antar pemain yang menggunakan mata uang asli, sesuatu yang memang sangat awam terjadi di dunia game online.

Untuk menggantikan fitur transaksi tersebut, player bisa menjual atau membeli item apapun dengan menggunakan fitur auction alias lelang, yang memang sudah tersedia di dalam game sejak awal.
Player Tree of Savior Protes, Tolak Kebijakan Nexon
Meski demikian, para gamer Tree of Savior tetap merasa bahwa penghilangan fitur transaksi adalah sesuatu yan konyol dan fatal. Sebab, dalam dunia game online, terutama MMORPG, transaksi item antar pemain di dalam game merupakan salah satu kegiatan yang awam dan bila dihilangkan, akan sangat mengurangi sensasi bermain game yang sejatinya berbasis pada “kegiatan bersosialisasi” secara virtual tersebut.

Masalah lainnya adalah, untuk bisa melakukan auction atau lelang, pemain harus terlebih dahulu mendaftarkan dirinya dengan membayar sejumlah uang (uang asli) kepada pihak developer atau publisher, sehingga mirip dengan membeli item cash.

Meski harga pendaftaran auction tersebut tidak terlalu mahal, namun dengan banyaknya item yang bisa diperjual-belikan di game ini, maka tentu biaya akumulasi dari lelang tersebut juga tetap bisa mencekik para pemainnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Remaja Penggemar Dota 2 Ini Kini Raup Penghasilan Rp 32 Miliar

Remaja Penggemar Dota 2 Ini Kini Raup Penghasilan Rp 32 Miliar

Jakarta ā€“ Siapa yang tak tahu dengan game Dota 2 yang digandrungi banyak orang. Saking ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis