Home > Ragam Berita > Tokoh Syiah Dipancung, Massa Bakar Konsulat Saudi di Iran

Tokoh Syiah Dipancung, Massa Bakar Konsulat Saudi di Iran

Teheran – Aksi protes keras dilayangkan Iran pasca pemerintah Arab Saudi mengeksekusi salah satu ulama Syiah, Nimr al-Nimr. Sabtu (2/1) kemarin ratusan massa yang mengamuk terlihat membakar kedutaan Arab Saudi di Teheran, Iran.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Sabtu (2/1/2016), aksi brutal tersebut akhirnya berhasil dibubarkan polisi. Ratusan massa tersebut melancarkan protes terkait eksekusi seorang ulama kenamaan Syiah, Seikh Nimr al-Nimr oleh Arab Saudi.

Selain membakar kantor kedutaan Arab Saudi di Teheran, aksi serupa juga terjadi di Mashdad, kota terbesar kedua Iran, dimana dilaporkan bahwa konsulat Arab Saudi juga diserang dan dibakar.

Pembakaran kantor konsulat dan kedutaan Arab Saudi di Iran tersebut hanya berselang beberapa jam pasca diumumkannya eksekusi ulama besar Syiah tersebut. Sebelumnya Nimr al-Nimr ditangkap setelah menjadi tokoh penting dalam protes anti-pemerintah di kerajaan Saudi pada tahun 2011.


Baca juga:

Iran Mengecam Ekseskusi Yang Dilakukan Saudi Terhadap Tokoh Syiah

Nimr sendiri menjadi salah satu di antara 47 orang Syiah dan Sunni yang dieksekusi oleh pemerintahan Arab Saudi karena tuduhan terorisme, Sabtu (2/1). Sementara itu Iran yang penduduknya mayoritas Syiah, memang dikenal sebagai musuh lama Arab Saudi. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri Tegaskan Tidak Akan Mencopot Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat

Kapolri Tegaskan Tidak Akan Mencopot Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan tidaka akan mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Pol ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis