Home > Ragam Berita > Ketegangan Hubungan Iran Dan Saudi Pengaruhi Harga Minyak Dunia

Ketegangan Hubungan Iran Dan Saudi Pengaruhi Harga Minyak Dunia

Teheran – Meningkatnya tensi hubungan diplomatik antara Iran dan Arab Saudi mempengaruhi pergerakan harga minyak di perdagangan Asia pada Senin (4/1/2016).

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada hari Minggu (3/1/2016) kemarin, sehari setelah para pengunjuk rasa menggeledah kedutaannya di Teheran karena eksekusi mati seorang ulama Syiah.

Adel al-Jubeir selaku Menteri Luar Negeri Saudi memperingatkan diplomat Iran jika mereka memiliki waktu 48 jam untuk meninggalkan kerajaan tersebut. Iran pun merespon dengan menyebutkan Saudi akan memperoleh balasan segera atas eksekusi ulama Syiah.

Ketegangan di kawasan Timur Tengah ini mau tak mau mempengaruhi harga minyak dunia.

Pukul 02.30 GMT, patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari naik 48 sen atau 1,30% menjadi US$37,52 per barel, dan minyak mentah Brent untuk Februari diperdagangkan 61 sen atau 1,64% lebih tinggi pada US$37,89 per barel.

“Minyak mengawali tahun baru dengan membaik, karena pasar Asia bereaksi terhadap ketakutan bahwa ketegangan geopolitik di Timur Tengah dapat mengancam pasokan minyak,” kata Bernard Aw, analis pasar IG Markets di Singapura. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Bela Anies Soal Pidato Pribumi, Hidayat Nur Wahid Sebut Jokowi dan Megawati Juga Pernah

Bela Anies Soal Pidato Pribumi, Hidayat Nur Wahid Sebut Jokowi dan Megawati Juga Pernah

Jakarta – Wakil Ketua Majelis Suryo PKS, Hidayat Nur Wahid, meminta agar pidato Anies Baswedan ...