Home > Ragam Berita > Dalam Waktu Dekat, Papua Akan Punya Rel Kereta Api

Dalam Waktu Dekat, Papua Akan Punya Rel Kereta Api

Manokwari – Provinsi Papua Barat tidak lama lagi akan memiliki jalur rel kereta api. Hal tersebut dikonfirmasi sendiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjanjikan pembangunan dimulai pada tahun ini.

“Bapak presiden waktu berkunjung ke Raja Ampat beberapa waktu lalu, janji, pembangunan akan dimulai tahun ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua Barat, Bambang Heriawan Soesanto di Manokwari (Senin, 4/1/2016).

Bambang menambahkan, rencana induk perkeretaapian di Papua Barat bahkan sudah diselesaikan. Uji kelayakan serta studi trase segmen satu dan dua sudah disampaikan ke Ignasius Jonan selaku Menteri Perhubungan saat kunjungannya ke Papua Barat pada Kamis (31/12/2015).

“Intinya kita sudah siap, kolaborasi antara Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi Papua Barat, untuk studi awal ini sudah final,” kata dia lagi.

Terkait pembangunan tersebut, Bambang dan pihaknya mengusulkan agar pembangunan dapat dimulai dari Manokwari. Daerah itu dipilih, agar pembangunan trase perkeretaapian di wilayah provinsi Papua dapat segera terlaksana.

“Jalur dari Manokwari ke Bintuni, mengarah dan lebih dekat ke Nabire, Provinsi Papua. Sehingga kalau trase diwilayah ini dimulai, pembangunan perkeretaapian di provinsi Papua dapat dimulai, sebab, jalur perkeretaapian dua provinsi terhubung satu sama lain,” ujarnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...