Home > Ragam Berita > Catat, 9 Maret 2016 Indonesia Akan Mengalami Gerhana Matahari Total

Catat, 9 Maret 2016 Indonesia Akan Mengalami Gerhana Matahari Total

Jakarta – Bersiap-siaplah, fenomena langka gerhana matahari total akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang. Gerhana matahari total ini diperkirakan dapat dilihat di 10 kota di beberapa provinsi dan sejumlah lokasi wisata andalan di Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Selasa (5/1/2016), 10 kota di berbagai provinsi Indonesia yang akan terjadi gerhana matahari total adalah Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung (Bangka Belitung), Sampit, Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara).

Gerhana matahari total diprediksi akan berlangsung selama 4 menit 9 detik, namun tiap kota akan terlihat dalam waktu yang berbeda. Dimana Luwuk akan menjadi daerah yang akan dilewati gerhana matahari total paling lama, yakni sekitar 2 menit 50 detik mulai pukul 08.41 WITA.

Sementara itu pihak LAPAN mengungkapkan jika mengamati gerhana matahari dibutuhkan cara tertentu agar aman bagi mata. LAPAN menyarankan agar menggunakan kacamata matahari yang dilapisi filter khusus. Hal ini ditujukan untuk mencegah kerusakan mata karena melihat langsung gerhana matahari total.


Baca juga:

Tahun Baru di Jerman, Ratusan Warga Arab Mabuk dan Serang Wanita

Pertamax Turun Harga, Masyarakat Masih Tetap Lirik Premium

Selain beberapa kota di atas, kota-kota lain di Indonesia juga bisa melihat gerhana matahari sebagian. Jadi jangan lupa catat tanggalnya ya, 9 Maret 2016. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua Umum PBNU Kurang Setuju Dengan Daftar 200 Mubalig Yang Direkomendasikan

Ketua Umum PBNU Kurang Setuju Dengan Daftar 200 Mubalig Yang Direkomendasikan

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj mengaku kurang setuju dengan ...