Home > Gaya Hidup > Si Kecil Sudah Terlanjur Keranjingan Gadget ? Begini Cara Menjauhkannya

Si Kecil Sudah Terlanjur Keranjingan Gadget ? Begini Cara Menjauhkannya

Jakarta – Saat ini, tak sedikit anak-anak di bawah usia 10 tahun yang sudah ketagihan bermain gadget. Bahkan, banyak dari mereka yang seperti tak bisa dilepaskan dari gadget-nya tersebut.

Hal tersebut tentunya sangat berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Sebab, sebuah studi mengatakan bahwa waktu ideal penggunaan daget per hari dari usia 6 tahun sampai dewasa hanyalah 2 jam saja, sementara untuk anak balita, penggunaan gadget tidak disarankan sama sekali.

Seperti dilansir dari Okezone, Rabu (6/1/2016), jika sampai anak anda menunjukkan tanda-tanda ketergantungan gadget, maka langkah-langkah tertentu harus anda lakukan untuknya. Langkah-langkah tersebut pada intinya adalah untuk mengalihkan perhatian si kecil dari gadget kesukaannya.

1. Buat art and craft

Ajak si kecil membuat hasta karya dari berbagai macam bahan. Ambil tema yang sesuai, seperti mobil-mobilan, binatang, bunga-bunga, buah-buahan, dan profesi pekerjaan sehari-hari akan meningkatkan pengetahuan anak.

2. Lempar tangkap bola

Tak hanya dapat mengalihkan anak dari gadget-nya. Tetapi, ini juga akan melatih otot bahunya.

3. Belikan trampoline

Kegiatan lompat-lompat di trampoline bisa menyalurkan naluri anak yang suka bergerak sekaligus menjauhkannya dari alat-alat berteknologi canggih tersebut. Tentunya, perhatian khusus harus diberikan orang tua ketika si kecil bermain trampoline

4. Camping

Kegiatan ini bisa dilakukan di mana saja, bahkan di halaman rumah sendiri. Bila pekarangan rumah anda cukup luas, manfaatkan hal tersebut untuk arena camping.

Anda bisa mengajak anak bergerak membangun tenda camping dan sambil menyelam minum air, mengajarkannya bekerja dalam tim.

(Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Jakarta – Isu pelakor ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun perselingkuhan justru menjadi tren ...