Home > Travel & Kuliner > Resep Empal Daging Jawa, Menggoda Lidah Untuk Terus Bergoyang

Resep Empal Daging Jawa, Menggoda Lidah Untuk Terus Bergoyang

Jakarta – Siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini. Empal merupakan salah satu makanan khas di Indonesia yang memiliki bentuk simple namun mampu menggoyang lidah bagi siapapun yang memakannya. Empal sendiri merupakan lauk utama ataupun pelengkap yang bisa disajikan dari beberapa makanan seperti rawon, gudeg, ataupun pecel. Empal bisa disajikan dalam yang bentuknya macam-macam sesuai dengan selera yang dibuat oleh pemasak, entak itu berupa suwir ataupun utuh dalam bentuk bulatan ataupun kotak.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk memasak atau membuiat empal, berikut ini adalah resep empal daging jawa, berdasarkan resep dari Masakan Indonesia, Rabu (6/1/2016) :

Bahan-bahan :
-1 kg daging sapi
-4 lembar daun salam
-4 cm lengkuas dan memarkan
-2 sdt garam
-3 liter air
-Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
-5 sdt ketumbar
-20 butir bawang merah
-6 siung bawang putih
-6 butir kemiri, sangrai
-200 gram gula merah
-1 sdt garam
-200 ml air

Cara membuat :
Pertama-tama, rebus daging sapi, daun salam, lengkuas, garam, dan air campur jadi satu hingga mendidih dan matang. Kemudian, potong daging yag sudah matang tersebut menjadi bentuk yang pipih dan lebar (Tergantung selera), setelah itu pukul-pukul dagingnya sampai penyet. Setelah itu, daging tersebut dilumuri oleh bumbu halus dan diamkan hingga 15 menit sampai bumbunya meresap ke dalam daging. Jika sudah 15 menit, maka empal siap untuk digoreng dan disajikan. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Resep Martabak Red Velvet Yang Manis dan Empuk

Resep Martabak Red Velvet Yang Manis dan Empuk

Jakarta – Martabak Red Velvet merupakan salah satu varian martabak manis premium yang berwarna merah, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis