Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Penting, Begini Aturan Memasang Behel Sesuai Syariat

Penting, Begini Aturan Memasang Behel Sesuai Syariat

Jakarta – Behel atau kawat gigi pada dasarnya ditujukan tak hanya untuk menunjang penampilan, namun lebih untuk tujuan kesehatan dan mengembalikan fungsi maksimal dari gigi. Misalkan saja jika gigi Anda berantakan atau tonggos, tentunya akan menimbulkan mempersulit saat mengunyah makanan, bahkan berbicara pun kadang menjadi tidak jelas. Kebalikannya, jika gigi tersusun secara rapih, maka pastinya fungsi dari gigi juga akan optimal.

Penting, Begini Aturan Memasang Behel Sesuai Syariat

Seperti dilansir dari republika.co.id, Kamis (7/1/2016), memang dalam pemasangan behel juga memerhatikan unsur estetika, namun tujuan kecantikan tentunya tidak sepenting tujuan aslinya, yakni untuk kesehatan. Lantas bagaimana pandangan Islam menyikapi pemasangan behel yang belakangan ini seolah menjadi tren dari kaum berduit?

Jika tujuan aslinya untuk pengobatan, maka hal ini tentu saja diperbolehkan, bahkan menurut syariat hal tersebut akan mendapatkan pahala. Sesuai dengan hadist Rasulullah Muhammad SAW, “Berobatlah wahai hamba Allah! karena sesungguhnya Allah tidak menciptakan penyakit melainkan Ia telah menciptakan pula obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu tua.” (HR Ahmad, Tirmidzi, dan Abu Dawud).


Baca juga:

Yoghurt Parfait, Menu Sehat Bagi Yang Ingin Mendapat Tubuh Ideal Bak Model

Rokok Elektrik Tiba-tiba Meledak, Seorang Remaja Mengalami Luka Bakar

Adapun perihal pemasangan behel yang dianggap mengubah ciptaan Allah juga tidak bisa dibenarkan 100%. Orang dengan gigi berantakan dan kemudian berniat mengobati dengan memasang behel agar giginya normal justru dianjurkan dan mendapat pahala. Beda halnya jika tidak memiliki permasalahan pada gigi dan hanya ingin tampil gaya dengan mengenakan behel (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Jakarta – Hijab bukan hanya bagian dari busana, tapi menjadi hal yang diwajibkan dalam agama ...