Home > Unik > Aneh > Uang Rp 10 Ribu Bergambar Borobudur dan Genderuwo Ini Hebohkan Sosmed

Uang Rp 10 Ribu Bergambar Borobudur dan Genderuwo Ini Hebohkan Sosmed

Jakarta – Baru-baru ini, dunia maya dan media sosial diramaikan dengan beredarnya sebuah gambar uang kertas pecahan Rp 10 ribu yang memiliki gambar cukup unik sekaligus menakutkan. Bagaimana tidak? Uang rupiah laws tersebut memiliki gambar wajah mengerikan yang disebut-sebut sebagai sosok Genderuwo.
Uang Rp 10 Ribu Bergambar Borobudur dan Genderuwo Ini Hebohkan Sosmed
Dari penelusuran Harian Indo, Jumat (8/1/2016), uang kertas pecahan RP 10 ribu tersebut sebenarnya menampilkan gambar dengan unsur budaya yang kental. Sebab, di satu sisi uang tersebut memiliki gambar relief Candi Borobudur, sementara di sisi lainnya menampilkan gambar kepala barong. Kepala barong inilah yang oleh masyarakat disebut sebagai sosok Genderuwo.

Desain uang kertas lama ini menuai banyak komentar negatif lantaran dianggap “abnormal”. Bila wajarnya uang kertas keluaran Bank Indonesia menampilkan gambar pahlawan kemerdekaan, mengapa uang Rp 10 ribu tersebut justru memajang gambar yang relatif mengerikan semacam itu?
Uang Rp 10 Ribu Bergambar Borobudur dan Genderuwo Ini Hebohkan Sosmed
Di awal-awal pembahasan, banyak netizen yang menyangka bahwa uang pecahan Rp 10 ribu itu bakal dicetak di tahun 2016 ini. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata uang tersebut merupakan uang kertas yang dicetak pada tahun 1975, yang sudah barang tentu tak berlaku lagi di jaman sekarang.

Bank Indonesia sendiri sudah menarik total peredaran uang tersebut pada Januari 2012 silam karena masa penukarannya yang sudah habis pada 31 Desember 2011 lalu. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Sakit! Pria Ini Memperkosa dan Membunuh 21 Kucing Betina

Sakit! Pria Ini Memperkosa dan Membunuh 21 Kucing Betina

California – Polisi menemukan seorang pria dalam keadaan pingsan di dalam mobilnya, dengan seekor kucing ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis