Home > Ragam Berita > Ekonomi > Dibanding Malaysia, Cadangan Devisa RI Lebih Baik

Dibanding Malaysia, Cadangan Devisa RI Lebih Baik

Jakarta – Cadangan devisa Indonesia di penghujung tahun 2015 lalu ditutup dengan cukup baik. Cadangan devisa negara dikabarkan berhasil naik dengan nilai yang cukup signifikan, yakni menjadi USD 105,9 miliar dibandingkan bulan sebelumnya yang berada di level USD 100,2 miliar.

Dibanding Malaysia, Cadangan Devisa RI Lebih Baik

Jika cadangan devisa Indonesia terpantau naik, bagaimana dengan cadangan devisa negara tetangga kita Malaysia? Menurut data yang dirilis Bank Negara Malaysia, jumlah cadangan devisa yang dimiliki Negeri Jiran di penghujung tahun 2015 adalah senilai USD 95,3 miliar.

Seperti dilansir dari The Star, Jumat (8/1/2016), angka tersebut turun dari jumlah cadangan devisa di akhir 2014 yang mencapai USD 115,9 miliar.

Kebijakan untuk menjaga pelemahan nilai tukar ringgit dianggap sebagai penyebab turunnya cadangan devisa Malaysia. Selain itu arus dana yang keluar dari Malaysia juga memengaruhi penurunan tersebut.

Tingginya arus dana keluar Malaysia karena makin banyaknya ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan Malaysia ke luar negeri. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

BI Larang Penggesekan Ganda Kartu Kredit di Mesin Kasir, Ini Sebabnya

BI Larang Penggesekan Ganda Kartu Kredit di Mesin Kasir, Ini Sebabnya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menghimbau kepada nasabah pemegang kartu kredit agar tidak melakukan penggesekan ...