Balikpapan – Aksi penipuan berkedok investasi bodong belakangan ini makin kerap terjadi, oleh karenanya warga diharap lebih waspada dan tidak mudah percaya jika ada tawaran investasi yang diklaim mampu melipatgandakan uang tanpa perlu bekerja.

Pihak Kepolisian Ingatkan Warga Agar Tidak Tertipu Oleh MLM

Seperti dilansir dari tribunnews.com, Sabtu (9/1/2016), para penipu tersebut kini juga ada yang membentuk komunitas bernama penyejahtera rakyat dan menipu para korbannya dengan lebih terstruktur.

AKBP Jeffri Dian Juniarta selaku Kapolres Balikpapan mengungkapkan para penipu kini memiliki banyak cara untuk menipu calon korban. Salah satu modusnya ialah dengan memberikan iming-iming paket umroh atau Haji gratis.

Biasanya iming-iming tersebut dilakukan oleh penipu yang mengaku sebagai MLM yang bergerak di bidang travel. Mereka memanfaatkan uang dari jamaah baru yang akan berangkat tahu depan untuk memberikan bonus kepada jamaah lama. Masalahnya, jumlah jamaah yang tertipu tidak selalu sama jumlahnya per tahun.


Baca juga:

Ahok : “Kalau Mau Adu Iman Dan Agama, Tunjukkan Dengan Kejujuran”

Astaga, Hanya Untuk Beli Parfum, DPR Anggarkan Rp 2,6 Miliar

“Saya sarankan jika warga merasa suatu komunitas itu akhirnya menipu dan merugikan banyak orang bisa segera melapor ke polisi,” ungkap Jeffri. (Rani Soraya – www.harianindo.com)