Home > Unik > Aneh > Tahukah Anda Serangga Ini Hanya Memiliki Umur 24 Jam

Tahukah Anda Serangga Ini Hanya Memiliki Umur 24 Jam

Jakarta – Bila kita mau mengeksplorasinya, alam akan senantiasa membuat kita merasa takjub dengan keanehan dan keunikannya. Kali ini, Harian Indo akan membahas tentang hewan yang memiliki waktu hidup paling pendek di dunia.
Tahukah Anda Serangga Ini Hanya Memiliki Umur 24 Jam
Seperti disadur dari sebuah postingan di versesofuniverse.blogspot.co.id, Sabtu (9/1/2016), ada sejumlah hewan yang diketahui memiliki rentang usia yang sangat pendek. Mulai dari hamster, yang hanya sekitar 3 tahun, lalu ada pula Labord’s Chameleon yang berumur sekitar 1 tahun, dan capung yang hanya sekitar 4 bulan.

Namun demikian, di antara hewan-hewan yang memiliki umur pendek tersebut, satu hewan yang menjadi juaranya. Hewan yang berasal dari “kerajaan” serangga tersebut adalah Mayfly.

Jika cukup beruntung, Mayflya bisa mencapai umur 24 jam. Ya, hewan yang satu seakan telah bersahabat karib dengan yang namanya kematian.

Jika mengamati kehidupan di alam secara mendalam, maka anda akan menyadari bahwa setiap makhluk hidup memilik mekanisme biologis tersendiri untuk menjamin kelangsungan hidupnya, dan spesiesnya. Demikian pula dengan Mayfly

Dengan rentang hidup yang bisa saja hanya sesingkat beberapa jam atau bahkan 30 menit, Mayfly akan berusaha sekuat tenaga untuk bertahan hidup dengan makan, menghindari predator, dan kemudian bereproduksi dalam waktu yang hanya maksimal 24 jam. Bahkan, beberapa jenis Mayfly ada yang memiliki siklus hidup cukup ekstrim, yakni menetas, makan, kawin, lalu mati.

MayFly, yang memiliki nama latin Palingenia longicauda, dikenal juga sebagai Tisas’s Flower atau Wedding Dance. Para ahli serangga meyakini bahwa jenis serangga sungai ini berasal dari setidaknya 200 juta tahun yang lalu. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Kids Jaman Now Kini Camilannya Micin

Viral, Kids Jaman Now Kini Camilannya Micin

Jakarta – Istilah kids jaman now saat ini tengah viral di kalangan netizen. Istilah ini ...