Home > Unik > Aneh > Unik, Kadal di Tanzania Ini Memiliki Warna Bak Spiderman

Unik, Kadal di Tanzania Ini Memiliki Warna Bak Spiderman

Jakarta – Belum lama ini, ada seekor kadal yang menjadi terkenal di dunia maya dan media sosial. Pasalnya, kadal tersebut seperti sedang melakukan “cosplay”, dengan mengenakan kostum superhero Spiderman.
Unik, Kadal di Tanzania Ini Memiliki Warna Bak Spiderman
Kadal unik yang dimaksud adalah kadal batu agama berkepala datar Mwanza (Mwanza flat-headed rock agama) yang berasal dari wilayah Tanzania, Rwanda, dan Kenya. Kadal ini memiliki skema warna kulit bernuansa merah dan biru yang sangat mirip dengan kostum Spiderman.

Dari penelusuran Harian Indo, Sabtu (9/1/2016), kadal batu Mwanza ini memiliki warna merah di bagian kepala, leher, dan bahu. Sementara itu, warna biru tua ditemukan di bagian kaki dan ekornya. Dari jauh, kombinasi ini memang sangat mirip dengan skema warna Spiderman.

Adapun warna kostum Spiderman tersebut hanya dimiliki oleh para pejantannya saja. Para betina dari kadal baru Mwanza ini memiliki warna yang cenderung “biasa”, yakni coklat kusam.

Kadal Mwanza berkepala datar ini cukup sering ditemukan di area gurun dan bebatuan di Tanzania, Rwanda, dan Kenya. Merek sering nampak berjemur di bebatuan di saat hari-hari panas.

Adapun popularitas kadal Mwanza di dunia maya terangkat berkat hasil karya fotografer alam, Roy Daines, yang selama sekitar dua tahunan telah banyak mengambil gambar dari kadal berwarna “ngejreng” tersebut. Foto itu diambilnya ketika beberapa kali liburan ke Kenya.

Akibat foto tersebut, permintaan kadal Mwanza “Spiderman” sebagai hewan peliharaan pun meningkat pesat. Hingga diperlukan sebuah aturan khusus untuk menjaga populasi mereka di alam bebas. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Video, Stop Pengendara di Jalan, Polisi Minta Durian

Video, Stop Pengendara di Jalan, Polisi Minta Durian

Jakarta – Baru-baru ini, nama Korps Bhayangkara kembali tercoreng karena ulah beberapa orang oknum polisi ...