Home > Ragam Berita > Nasional > Penting, Informasi Terbaru Tentang Perpanjangan SIM

Penting, Informasi Terbaru Tentang Perpanjangan SIM

Jakarta – Korlantas Polri telah mengeluarkan aturan baru perihal batas waktu untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Aturan yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2016 tersebut menyebutkan bahwa perpanjangan SIM bisa dilakukan sejak 14 hari sebelum masa berlaku SIM tersebut habis.
Penting, Informasi Terbaru Tentang Perpanjangan SIM
“Berlaku mulai 1 Januari 2016, perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku,” terang Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Risyapudin Nursin, sebagaimana dikutip dari detikNews, Minggu (10/1/2016).

Untuk SIM yang masa berlakunya sudah habis, dapat diperpanjang dengan tenggat waktu 3 bulan dari tanggal habis masa berlaku SIM tersebut.

“Lewat dari 3 bulan harus membuat seperti prosedur baru,” lanjut Risyapudin.

Risyapudinn juga menambahkan bahwa aturan baru ini telah sesuai dengan surat pembaruan dari Kakorlantas Polri bernomor ST/2652/XII/2015. Tak hanya soal perpanjangan SIM, surat tersebut juga memuat peraturan baru tentang pengklasifikasian jenis SIM C menjadi 3 golongan yakni SIM C (polos), C1 dan C2.

SIM C diberikan kepada pengendara motor di bawah 250 CC, SIM C1 untuk pengguna motor 250-500 CC, dan C2 untuk penunggang motor di atas 500 CC, termasuk moge.

Meski sejatinya telah mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2016 untuk kawasan Jakarta, peraturan ini baru akan direalisasikan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai Februari hingga APril 2016. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Prabowo Bakal Usung La Nyalla Sebagai Lawan Gus Ipul-Azwar Anas ?

Jakarta – Arief Poyuono selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra memastikan bawha tidak akan ikut ...