Home > Teknologi > Internet > Awas, Akun Spammer ‘Seksi Beracun’ Gentayangan di Instagram

Awas, Akun Spammer ‘Seksi Beracun’ Gentayangan di Instagram

Jakarta – Belakangan ini, media sosial Instagram menjadi semacam surga bagi pertumbuhan akun-akun penyebar spam. Salah satu tujuan akun spammer tersebut adalah mengelabui para pengguna Instagram dengan akun berlabel “Seksi Beracun”, yang bakal mendatangkan masalah kepada pengguna tersebut.
Awas, Akun Spammer 'Seksi Beracun' Gentayangan di Instagram
Tim keamanan virtual Symantec menemukan banyak sekali akun Instagram yang memiliki konten “dewasa”. Akun-akun semacam ini kemudian mengganggu pengguna Instagram yang lainnya dengan badai spam, dan kemudian menjebak pengguna yang bersangkutan untuk mengunjungi situs kencan, situs dewasa, ataupun situs penyebar malware.

“Pengguna aktif Instagram pasti menerima banyak spam, ada banyak orang tak dikenal yang menyukai foto mereka, mengirimi komentar, atau mengikuti aktivitas mereka,” demikian tulis Symantec sebagaimana dikutip dari News Softpedia, Senin (11/1/2016).

Dengan jumlah user yang telah mencapai lebih dari 400 juta, Instagram memang menjadi lahan baru bagi para spammer atau bahkan scammer untuk mencari mangsa. Selain melakukan promosi untuk situs dewasa, banyak pula spammer yang sekedar menyebarkan iklan produk kecantikan sampai elektronik.

“Tujuan mereka adalah menghasilkan uang melalui program terkait atau mendapatkan trafik ke situs tidak baik, di mana mereka bisa mendapat bayaran setiap kali berhasil menginfeksi akun pengguna,” terang Symantec lagi.

Satnam Narang, Senior Security Response Manager dari Symantec, mengatakan bahwa mayoritas akun spammer yang menyebarkan promosi situs dewasa memiliki ciri-ciri tertentu.

“Pertama, akun tersebut hanya punya satu foto menggoda, sedikit deskripsi dan sebuah link. Kedua, sama seperti ciri pertama namun menampilkan banyak foto yang diambil secara acak dari internet atau pengguna Instagram lain. Terakhir, full-on ad. Akun tipe ini berisi satu poster gambar iklan yang terdiri dari pecahan beberapa gambar,” paparnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Driver Go-Jek Bule Ini Bikin Baper Netizen

Driver Go-Jek Bule Ini Bikin Baper Netizen

Jakarta – Moda transportasi via online kini tengah booming. Tak sedikit orang yang akhirnya beralih ...