Home > Teknologi > Internet > Kenali, Inilah Ciri-ciri Akun Spam Penyebar Malware Di Instagram

Kenali, Inilah Ciri-ciri Akun Spam Penyebar Malware Di Instagram

Jakarta – Belakangan ini akun Instagram yang menawarkan konten bertema dewasa makin banyak bertebaran. Tapi jangan senang dulu, pasalnya banyak dari akun tersebut merupakan spammer yang bisa membawa petaka.

Kenali, Inilah Ciri-ciri Akun Spam Penyebar Malware Di Instagram

Seperti dilansir dari Digital Trends, Senin (11/1/2016), hal tersebut diutarakan oleh tim keamanan Symantec yang dikabarkan banyak menemukan akun Instagram yang gemar menyebar spam berupa malware dan memaksa pengguna mengakses beragam situs dewasa.

“Pengguna aktif Instagram pasti menerima banyak spam, seperti misalnya ada banyak orang tak dikenal me-like foto mereka, mengomentari foto, atau mengikuti aktivitas mereka,” tulis Symantec.

Pengguna Instagram saat ini mencapai lebih dari 400 juta di seluruh dunia, hal tersebut membuat Instagram menjadi daya tarik bagi spammer dan scammer. Selain spam berupa promosi situs dewasa, banyak juga yang mempromosikan beragam produk seperti gadget hingga produk kecantikan.

“Tujuan spammer ialah untuk menghasilkan uang melalui program mereka atau untuk meningkatkan trafic visitor ke situs ‘jahat’,” lanjut Symantec.

Sebagai tindak preventif, Anda bisa mengenali ciri-ciri penyebar spam. Setidaknya ada tiga ciri yang mudah dikenali.

  • Akun spammer biasanya hanya berisi satu foto yang menggoda
  • Hampir sama seperti ciri pertama, namun juga menampilkan banyak foto curian secara random dari internet ataupun pengguna Instagram lainnya
  • Full-on ad, yakni satu poster gambar iklan yang merupakan gabungan dari pecahan beberapa gambar iklan

Jika melihat ciri-ciri tersebut, usahakan untuk tidak tergoda untuk mengunjungi link yang dipromosikan ataupun berinteraksi dengan akun semacam ini. (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Karena Kelelahan Menteri Susi Tertidur di Sofa Bandara

Viral, Foto Menteri Susi Tertidur Kelelahan di Sofa Bandara

Jakarta – Setiap manusia pasti memiliki titik lelah dimana tubuh butuh dibaringkan sebentar untuk istirahat ...