Home > Ragam Berita > Nasional > Profil dan Sepak Terjang Ade Komaruddin

Profil dan Sepak Terjang Ade Komaruddin

Jakarta – Ade Komaruddin telah resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada hari ini, Senin (11/1/2016). Politikus Partai Golkar ini didapuk sebagai Ketua DPR untuk menggantikan Setya Novanto yang melepaskan jabatannya pada 16 Desember 2015 lalu.

Profil dan Sepak Terjang Ade Komaruddin

(sumber foto: Google)

Mungkin anda bertanya-tanya, siapakah sebenarnya sosok Ade Komaruddin tersebut. Seperti dilansir dari Wikipedia.com, Senin (11/1/2016), berikut ini profil dari Ade Komaruddin.

Drs. Ade Komarudin, MH, merupakan seorang pria kelahiran Purwakarta, Jawa Barat, 20 Mei 1965. Pria berumur 50 tahun ini telah menjadi anggota DPR RI selama lima periode berturut-turut, dan menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPR RI sejak 2014,

Pria yang akrab disapa Akom tersebut merupakan alumnus Universitas Islam Negeri, Jakarta. Sejak tahun 1997, Akom telah berhasil duduk di kursi DPR RI hingga tahun 2019.

Mengawali karier politik dengan bergabung menjadi kadr Golkar, karier politik Ade Komarudin terus meningkat. Ia pernah menjabat menjadi wakil sekretaris jenderal di dua organisasi kepemudaan yang berbeda, yakni Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Jabatannnya itu ia lakoni sejak tahun 1993 hingga tahun 1998.


Baca jugaProfil dan Sepak Terjang Ade Komaruddin

Proses Pelantikan Ade Komaruddin Sebagai Ketua DPR Diwarnai Kegaduhan

Ade Komaruddin Resmi Menjabat Sebagai Ketua DPR yang Baru

Salah satu langkah besar Akom di dunia politik terjadi pada sekitar tahun 2010, yakni ketika dirinya turut serta dalam bursa pemilihan ketua umum Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia atau SOKSI. Meski kala itu Akom mencalonkan dirinya dalam pemilihan tanpa didampingi adanya tim sukses, namun ternyata ia tetap mendapatkan banyak dukungan kuat dari sejumlah pengurus SOKSI di daerah.

Selain mendapat dukungan dari beberapa tokoh di daerah, Akom juga memperoleh dukungan dari sejumlah petinggi Partai Golkar, seperti Akbar Tanjung. Setelah melalui proses pemilihan yang panjang, Akom pun berhasil keluar sebagai pemenang. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Bakal Bantu Novel Baswedan Dalam untuk Hadapi Laporan Miko Panji

KPK Bakal Bantu Novel Baswedan Dalam untuk Hadapi Laporan Miko Panji

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap membantu Novel Baswedan dalam menghadapi laporan yang dilayangkan ...