Mumbai – Negara India memang identik dengan kuil-kuil Hindu atau Sikh-nya. Namun ternyata ada juga masjid unik yang bisa Anda kunjungi disana.

Unik, Masjid Megah Di India Ini Berada Ditengah Laut

Masjid bernama Haji Ali Dargah yang akan Harian Indo bahas kali ini memiliki ciri khas yang sangat unik. Masjid ini terletak di tengah laut.

Masjid Haji Ali Dargah adalah landmark terkenal dari Kota Mumbai, India. Seperti dilansir dari detik.com (Senin, 11/1/2016), masjid ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu atau tepatnya pada 1431. Dengan demikian usianya kini telah mencapai 500 tahun lebih. Dua kali renovasi juga telah dilakukan yakni pada tahun 1960 dan 1964.

Selain masjid, makam Pir Haji Ali Shah Bukhari yuang terletak di dalam kompleks masjid juga menjadi magnet tersendiri bagi para peziarah. Sosok tersebut adalah ulama yang berasal dari Bukhara Uzbekistan, dan berjasa menyebarkan agama Islam di negara yang mayoritas memeluk Hindu tersebut.

Makam sang ulama dinaungi bangunan dari marmer dengan 8 pilar yang terbuat dari marmer. Di atasnya ditutupi oleh kain sari berwarna merah dan hijau yang dibordir dengan kaligrafi ayat Al Quran yang indah. Peziarah yang datang kerap menundukkan kepala sembari mencium kain zari sebagai tanda penghormatan mereka terhadap Haji Ali Shah Bukhari.

Tidak kurang dari 10 hingga 15 ribu orang mengunjungi komplek suci ini setiap harinya. Kebanyakan dari mereka adalah para peziarah yang ingin berdoa di makam ataupun beribadah di dalam area masjid. (Yayan – www.harianindo.com)