Home > Ragam Berita > Nasional > Simak, Inilah Ciri-ciri Aliran Sesat Menurut Ahli Hadits

Simak, Inilah Ciri-ciri Aliran Sesat Menurut Ahli Hadits

Jakarta – Makin maraknya beberapa aliran terselubung yang cenderung sesat dan menyimpang dari ajaran agama membuat beberapa para ulama ataupun Imam Besar masjid di beberapa wilayah prihatin. Salah satu Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Ya’kub, tampak memberikan pandangan terkait dengan beberapa ciri aliran sesat itu.

Simak, Inilah Ciri-ciri Aliran Sesat Menurut Ahli Hadits

Seperti saat ditemui tim Harianindo, Selasa (12/1/2016), Ali Mustafa menghimbau agar masyarakat waspada dan menghindarinya jika terdapat aliran suatu keagamaan yang terdapat ciri-ciri menyesatkan. Imam bBesar ini mengatakan bahwa ciri yang pertama adalah tertutup, semisal pengajian yang dilakukan adalah pada tengah malam. Mustafa menambahkan bahwa selain itu jika membuat sebuah buku, maka untuk ditujukan kepada kalanga sendiri.

Ciri yang kedua meurut Mustafa adlaah radikal, yang menyebutkan bahwa jika tidak terdapat di dalam kelompok maka diperbolehkan untuk dibunuh. Ciri yang ketiga adalah fanatik, yang mana berarti mereka menganggap hanya keolmpoknya sendirilah yang benar dan bisa masuk surga.

baca juga :
Kepolisian Menengarai dr Rica Bergabung Dengan Aliran Gafatar
MUI Angkat Bicara Mengenai Gerakan Gafatar Yang Meresahkan

Ciri keempat adalah aliran sesat itu mempersulit diri sendiri seperti contoh mereka sering mewajibkan kepada para penganutnya untuk memakai atribut-atribut tertentu yang mana sebenarnya bukan hal wajib dalam agama. Ciri terakhir adalah dipermudah, yang mana berartikan bahwa semisal bisa masuk surga meskipun tanpa sholat.

Kebanyakan dari para orang yang gampang dipengaruhi oleh para pemuka aliran sesat adalah mereka-mereka yang memiliki semangat tinggi terkait dengan ajaran agama namun tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup atau miskin pengetahuan tentang agama. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...