Home > Ragam Berita > Nasional > Gafatar Telah Mengubah Namanya Menjadi Negara Karunia Semesta Alam

Gafatar Telah Mengubah Namanya Menjadi Negara Karunia Semesta Alam

Jakarta – Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sedang menjadi buah bibir karena dikaitkan dengan isu hilangnya sejumlah orang secara misterius. Perkembangan terbaru mengatakan bahwa Gafatar telah mengubah namanya menjadi Negara Karunia Semesta Alam”, atau NKSA.
Gafatar Telah Mengubah Namanya Menjadi Negara Karunia Semesta Alam
“Gafatar sekarang sudah ganti nama malah, jadi Negara Karunia Semesta Alam (NKSA),” terang Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Mayjen (purn) Soedarmo, kepada reporter Detik, Selasa (12/1/2016).

Soedarmo, yang merupakan mantan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik BIN, menuturkan bahwa perubahan nama tersebut dilakukan pengurus Gafatar untuk melepaskan diri dari sorotan publik Indonesia.

“Ya mungkin ganti nama karena sudah jadi bahan pemberitaan, baru ganti nama juga,” lanjut Soedarmo.

Adapun sebelumnya beredar pemberitaan yang mengatakan bahwa sejumlah orang di berbagai daerah di Indonesia mendadak menghilang. Sasalah satu yang menjadi sorotan adalah seorang dokter bernama Rica, yang telah meninggalkan keluarganya selama 2 minggu.

Ketika ditelusuri oleh pihak kepolisian, ternyata dokter wanita tersebut pergi ke Mempawah atau Sanggau, Kalimantan Barat, untuk berpartisipasi dalam kegiatan Gafatar. Mendengar berita ini, Kemendagri pun segera melakukan investigasi.

“Kabarnya mereka sedang membangun basisnya di sekitar Pontianak, Kalimantan Barat. Jadi kita sudah koordinasi dengan
aparat di sana untuk melacaknya apa benar ada di posisi itu,” tutur Soedarmo.

Adapun kegiatan yang dilakukan Gafatar sendiri, menurut keterangan dari situs resminya, adalah berupa gerakan sosial ketahanan dan kemandirian pangan, donor darah, dan sumbangan ke panti asuhan.

Gafatar sendiri sempat mengajukan pendaftaran sebagai organisasi masyarakat ke Kemendagri, namun ditolak karena dianggap dekat dengan kegiatan berbau ekstrimisme dan ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Video Stand Up Comedy Comic Ini Dituding Menghina Syariat Islam di Aceh

Video Stand Up Comedy Comic Ini Dituding Menghina Syariat Islam di Aceh

Jakarta – Seorang stand up komedian bernama Hafiz dituding melecehkan peneraan syariat Islam di Aceh. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis