Home > Ragam Berita > Nasional > Abu Bakar Ba’asyir Pernah Menyampaikan Dukungannya Terhadap Gerakan ISIS

Abu Bakar Ba’asyir Pernah Menyampaikan Dukungannya Terhadap Gerakan ISIS

Jakarta – Salah satu terpidana kasus terorisme, Abu BAkar Ba’asyir, saat ini telah divonis 15 tahun penjara. Namun demikian, ia masih terus melakukan upaya hukum untuk menepis tuduhan pengadilan yang mengatakan bahwa dirinya terlibat dalam perencanaan dan pembiayaan dari program latihan militer di Aceh pada 2010 silam.
Abu Bakar Ba’asyir Pernah Menyampaikan Dukungannya Terhadap Gerakan ISIS
Meski berusaha menepis tuduhan tersebut, sebenarnya Ba’asyir memang dekat dengan gerakan dan faham radikal. Ia bahkan pernah menyampaikan dukungannya kepada ISIS pada tahun 2014 lalu.

Ketua Jamaah Anshorut Tauhid (JAT), Mochammad Achwan, mengatakan bahwa selain mendukung ISIS secara pribadi, Ba’asyir juga meminta kepada pengikutnya untuk mendukung pergerakan kelompok kejam tersebut. JAT sendiri merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh Ba’asyir setelah dirinya hengkang dari Jemaah Islamiyah.

“Ba’asyir mengatakan kepada kami untuk mendukung perjuangan ISIS karena tiga hal. Ada pemimpinnya, bisa melaksanakan syariat, dan dideklarasikan. Tapi Pak Ba’asyir belum berbaiat (menyatakan sumpah setia),” ungkap Achwan, sebagaimana dilansir dari BBC Indonesia, Rabu (13/1/2016).

“Pak Ba’asyir baru sebatas mendukung,” tandasnya lagi.

Namun demikian, Achwan tidak mau menjelaskan dukungan macam apa yang sempat, atau akan, dilakukan Ba’asyir untuk ISIS. Satu hal yang pasti, beberapa anggota JAT diketahui telah meluncur ke Suriah dan Irak untuk bergabung bersama ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Masih Menunggu Jawaban Prabowo Terkait Pilpres

Gerindra Masih Menunggu Jawaban Prabowo Terkait Pilpres

Jakarta – Partai Gerindra rencananya akan mencalonkan sang Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden ...