Home > Ragam Berita > Internasional > Langgar Teritorial, Iran Tuntut AS Sampaikan Permintaan Maaf

Langgar Teritorial, Iran Tuntut AS Sampaikan Permintaan Maaf

Teheran – Otoritas Iran menuduh kapal-kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat telah melanggar batas wilayah perairannya. Untuk itu, Iran pun menuntut agar AS meminta maaf atas aksinya tersebut.
Langgar Teritorial, Iran Tuntut AS Sampaikan Permintaan Maaf
Panglima Angkatan Laut Garda Revolusioner Iran, Laksamana Muda Ali Fadavi, mengungkapkan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Mohammad Javad Zarif, telah melayangkan protes kepada Menlu AS, John Kerry, terkait pelanggaran teritorial ini. Apalagi, telah ada 10 personil Angkatan Laut AS yang saat ini telah ditangkap oleh otoritas Iran.

“Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif tengah berhubungan dengan Menlu Kerry,” terang Zarif, sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (13/1/2016).

“Zarif menyampaikan sikap tegas bahwa para pelaut itu telah melanggar wilayah perairan Iran dan meminta AS untuk minta maaf,” tambahnya lagi.

Akibat pelanggaran wilayah perairan tersebut, Iran telah mengamankan dua unit kapal AS beserta 10 personel militer Negeri Paman Sam. Iran menyatakan bahwa tawanan asal AS itu ditangkap oleh unit tempur Angkatan Laut Garda (Revolusioner Iran) dan dibawa ke Pulau Farsi.

Adapun 10 personil militer, yang terdiri dari sembilan laki-laki dan satu perempuan, saat ini tengah berada dalam keadaan sehat. Meski ditahan, mereka diperlakukan dengan baik dan sopan, serta ditempatkan di suatu lokasi yang layak. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Menjaga Citra Islam, Masjid Dilarang Pakai Pengeras Untuk Khotbah

Menjaga Citra Islam, Masjid Dilarang Pakai Pengeras Untuk Khotbah

Selangor – Sharafuddin Idris Shah selaku Sultan Selangor belum lama ini perintahkan agar semua masjid ...