Home > Ragam Berita > Nasional > Afif, Pelaku Bom Sarinah Disebut Pernah Bersentuhan Dengan Abu Bakar Baasyir

Afif, Pelaku Bom Sarinah Disebut Pernah Bersentuhan Dengan Abu Bakar Baasyir

Jakarta – Salah satu dari lima pelaku yang menjadi tersangka tewas dalam aksi terorisme di Kawasan Sarinah, Jakarta, adalah seorang pria yang bernama Afif. Pria itu tampaknya memang sudah cukup ahli karena pernah dilatih di kawasan camp militer di Aceh.

Afif, Pelaku Bom Sarinah Disebut Pernah Bersentuhan Dengan Abu Bakar Baasyir

Saat ditelusuri dari website Mahkamah Agung, Jumat (15/1/2016), Afif mempunyai nama asli Sunakim telah dididik secara militer di pegunungan Desa Jalin Aceh Besar pada tahun 2010. Afif bersama dengan 40 orang yang lain melakukan latihan tentang cara bagaimanakah menggunakan beberapa senjata seperti AK-47, M16, bom, strategi tempur, cara mengekauasi kawan, cara bertahan, bela diri, dan kemampuan fisik lainnya.

Pada Bulan Maret 2010, polisi telah menyisir pelatihan ala militer tersebut dan terjadi kontak baku tembak senjata, yang berlokasi di Lamkebau, Kecamatan Seulimun.Penggerebekan itu sendiri memakan tiga korban jiwa dari pihak brimob, satu warga meninggal, dan 11 anggota Brimob terluka, namun pada akhirnya kelompok ini berhasil ditangkap dan dibawa ke Jakarta termasuk Afif.

Mahkamah Agung sendiri menyebutkan bahwa Abu Bakar Baasyir merupakan otak di balik pendidikan ala militer kepada para calon teroris itu. Meski begitu, Abu Bakar Baasyir membantahnya dan dirinya mengatakan bahwa dalam fakta persidangan yang terungkap tak ada satu saksi pun yang menyatakan bahwa latihan militer di Aceh itu untuk kegiatan terorisme, melainkan hanya untuk persiapan i’daad. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Masih Menunggu Jawaban Prabowo Terkait Pilpres

Gerindra Masih Menunggu Jawaban Prabowo Terkait Pilpres

Jakarta – Partai Gerindra rencananya akan mencalonkan sang Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden ...