Home > Otomotif > Tips, Aki Soak Bisa Kembali Greng Hanya Dengan Modal Rp 3 Ribu

Tips, Aki Soak Bisa Kembali Greng Hanya Dengan Modal Rp 3 Ribu

Depok – Aki kering yang mati memang sangat mengganggu. Biaya besar pun menunggu Anda untuk membuatnya hidup seperti sedia kala lagi. Namun ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan dan yang paling penting adalah Anda hanya butuh dana sekitar Rp 3 ribu.

Tips, Aki Soak Bisa Kembali Greng Hanya Dengan Modal Rp 3 Ribu

“Tapi, tergantung kondisi cell-nya juga. Kalau masih bagus, listriknya akan terisi lagi. Kalau cell sudah rusak parah, ya mau enggak mau beli aki baru,” buka Joni Novalin, bos Duta Battery di Jl. Meruyung Raya, Ruko Permata Green Cinere RK.03, Depok, Jawa Barat (Senin, 18/1/2016).

Berikut langkah-langkahnya:

PERTAMA. Siapkan air aki dengan botol berwarna merah (accu zur) yang biasa digunakan saat menguras aki, serta obeng. Kalau semuanya sudah siap, yuk kita kerjakan. Memasukan accu zur buka lubang yang bertuliskan ‘Do Not Open’. Itu merupakan penutup lubang yang direkatkan kuat agar tingkat penguapan pada aki tidak banyak. Congkel saja menggunakan obeng min.

KEDUA. Kalau lubangnya sudah terlihat, sobat bisa langsung mengisi dengan air aki yang disiapkan. Isi setiap cell, tapi jangan terlalu penuh. Sisakan sedikit ruang agar air tidak tumpah ketika proses charge berlangsung. Kalau seluruh cell sudah terisi penuh, tutup kembali lubang hingga rapat. Boleh ditambah lem biar lebih kuat.

“Jika sudah diisi, tinggal dicharge. Bisa dicharge di toko jasa charge aki atau bisa juga charge langsung di motor. Kalau kondisi akinya masih bagus, cukup ajak jalan motor 30-60 menit aki sudah terisi kembali. Enggak perlu takut, cara ini tidak berbahaya. Selama sistem pengisian aki di motor bagus tidak akan memunculkan masalah pada motor,” tutup Joni yang bisa Anda hubungi di 0817-6528-753. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Toyota Ikut Cermati Kecelakaan Fortuner Setya Novanto

Toyota Ikut Cermati Kecelakaan Fortuner Setya Novanto

Jakarta – Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman, mengatakan bahwa dirinya tidak ...