Home > Ragam Berita > Nasional > Berbeda Dengan Ahok, Ridwan Kamil Setuju Koruptor Dihukum Mati

Berbeda Dengan Ahok, Ridwan Kamil Setuju Koruptor Dihukum Mati

Bandung – Sampai detik ini, hukuman mati bagi terpidana tindak kriminal masih kerap menjadi perdebatan. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara di dunia yang masih menerapkan hukuman mati. Meski banyak yang menganggap hukuman mati tidak sejalan dengan hak asasi manusia, toh hukuman ini dianggap masih relevan untuk memberikan efek jera.

Berbeda Dengan Ahok, Ridwan Kamil Setuju Koruptor Dihukum Mati

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Senin (18/1/2016), Wali Kota Bandung Ridwan Kamil termasuk salah satu tokoh yang mendukung diterapkannya hukuman mati. Ia pun turut menyampaikan apresiasi terhadap hukum Indonesia yang masih menerapkan hukuman mati.

“Saya menghargai sistem hukum yang ada di Indonesia, kalau di Indonesia mengharuskan adanya hukuman mati. Jadi, saya menghargai nilai yang disepakati karena hukum mah kan kesepakatan,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini, Senin (18/1).

Menanggapi soal isu hak asasi manusia, menurut pandangan Kang Emil hukuman itu berdasar yang namanya konvensi hukum. Jadi, ketika berbicara tentang HAM, harus dilihat dari mana dulu. Kalau dari hukum yang tidak ada hukuman mati, pasti dianggap melanggar HAM.


Baca juga:

Tampil Bercadar, Istri Terduga Pelaku Bom Thamrin Datangi RS Polri

Cegah Aksi Teror, Ahok Akan Pecat RT/RW Yang Lalai

Selama ini hukuman mati di Indonesia lebih sering ditujukan pada pelaku pembunuhan, teroris ataupun bandar narkoba. Sementara itu Kang Emil merasa bahwa hukuman serupa juga pantas untuk dijatuhkan pada koruptor di Indonesia. Pasalnya, tindakan para koruptor secara tidak langsung sangat menyengsarakan masyarakat Indonesia.

Bagaimana nih pendapat kalian tentang pandangan Kang Emil? (Rani Soraya – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait HTI, Yusril Ingatkan Jokowi Akan Kesalahan Bung Karno

Terkait HTI, Yusril Ingatkan Jokowi Akan Kesalahan Bung Karno

Jakarta – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) bakal berhadapan dengan pemerintah di pengadilan. Oleh karena itu, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis