Home > Unik > Aneh > Wow, Pria Asal Bali Membuat Tangan Besi Bak Tony Stark di Film Iron Man

Wow, Pria Asal Bali Membuat Tangan Besi Bak Tony Stark di Film Iron Man

Karangasem – Keterbatasan yang dimiliki seorang manusia tidak bisa menjadi penghalangnya untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa di dalam hidup ini. Paling tidak, hal itulah yang dibuktikan oleh seorang pria asal Desa Nyuhtebel, Kabuoaten Karangasem, Bali.
Wow, Pria Asal Bali Membuat Tangan Besi Bak Tony Stark di Film Iron Man
Belum lama ini, nama I Wayan Sumardana alias Sutawan (31), warga Desa Nyuhtebel, semakin banyak dibahas netizen lantaran penemuannya yang disebut-sebut menyerupai Tony Stark, karakter fiksi dari Marvel Comic yang menjadi Iron Man. Betapa tidak, dengan segala keterbatasan yang ada, Sutawan berhasil merancang sebuah alat berbentuk tangan bantuan untuk membantu pekerjaannya.

Dari penelusuran Harian Indo, Selasa (19/1/2016), Sutawan sendiri merupakan seorang pandai besi dan tukang las yang biasa mengolah besi bekas untuk dijadikan perabot rumah tangga. Awalnya, pekerjaan Sutawan berjalan dengan cukup baik. Hidupnya pun berjalan tanpa banyak masalah, kecuali masalah ekonomi yang terkadang masih menghampiri keluarganya.

Hidup Sutawan menjadi semakin sulit tatkala pada sekitar 6 bulan lalu ia terkena serangan stroke. Lolos dari kematian, Sutawan harus hidup dengan tangan kirinya yang lumpuh. Keadaan tangan kiri yang lumpuh itu sudah barang tentu menyulitkan dirinya untuk bekerja sebagai pandai besi dan tukang las tadi.

Meski demikian, Sutawan tak lantas menyerah. Pria lulusan STM ini pun memutar otak, menggunakan pengetahuan teknik elektro yang didukung dengan kemampuan pandai besi, untuk menciptakan sebuah alat yang dapat membantu tangan kirinya untuk bisa berfungsi dengan baik.

Dengan memanfaatkan besi-besi bekas, lalu ditambah dengan beberapa komponen elektronika, Sutawan pun bekerja layaknya Tony Stark untuk menciptakan sebuah “baju besi” yang berguna untuk membantu pergerakan tangan kirinya yang lumpuh tadi.

Setelah 5 kali gagal, akhirnya Sutawan pun berhasil menciptakan alat yang bisa dikategorikan sebagai “exoskeleton” sederhana itu. Meski terbilang belum sempurna, alat tersebut bisa dikatakan sangat canggih mengingat cara kerjanya yang dikendalikan lewat otak.

“Alat ini belum sempurna, tetapi sudah lumayan membantu saya. Tanpa alat ini saya sama sekali tak bisa bekerja menggunakan tangan kiri,” tutur Sutawan.

“Namun dengan bantuan ini, menggangkat beban berat juga bisa. Dengan alat ini, kekuatannya jauh lebih besar,” lanjutnya.

Sutawan pun mendemonstrasikan kebolehan alat rancangannya itu. Ia mencoba mengangkat pelek mobil seberat 10 kg dengan tangan kanan (normal). Pelek tersebut terasa sangat berat dan Sutawan pun kesulitan mengangkatnya. Ketika dicobakan pada tangan robotnya (kiri), pelek tersebut bisa terangkat dengan mudah.

“Namun menggunakan robot ini, singal otak saya terkuras. Saya harus konsentrasi memikirkan atau fokus kepada benda apa yang mau diambil atau mengerjakan apa. Kalau tak fokus, saya kesulitan. Jadi perlu memfokuskan otak untuk memerintahkan robot,” pungkasnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

MUI Samarinda Pernah Mengharamkan "Polisi Tidur"

MUI Samarinda Pernah Mengharamkan “Polisi Tidur”

Samarinda – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samarinda mengeluarkan fatwa haram pada keberadaan “polisi tidur” karena ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis