Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Kebakaran Hutan, Jokowi Berikan Warning untuk Kapolda dan Pangdam

Terkait Kebakaran Hutan, Jokowi Berikan Warning untuk Kapolda dan Pangdam

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mau peristiwa kebakaran lahan dan hutan yang menyebabkan kabut asap di tahun 2015 kembali terulang. Untuk itu, Presiden meminta seluruh petinggi Polri dan TNI untuk bersikap tegas mengatasi masalah tersebut.
Terkait Kebakaran Hutan, Jokowi Berikan Warning untuk Kapolda dan Pangdam
“Tahun 2015 memberikan pelajaran bagi kita semua betapa kita pontang panting, jungkir balik karena api yang sudah membesar di semua daerah dan lokasi. Jumlah titik api yang begitu banyak dalam satu provinsi. Fakta 2015 betul-betul memberikan dampak yang sangat parah di daerah,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi menyampaikan pesannya itu di depan ratusan pejabat Polri dan TNI yang berasal dari wilayah rentan kebakaran hutan dan lahan, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2016). Dalam pertemuan tersebut, hadir pula petinggi dari BMKG, BPPB, dan pejabat pemerintah daerah..

Jokowi menegaskan bahwa seluruh elemen Polri dan TNI untuk tanggap dan bergerak cepat untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Oleh sebab itu, tahun ini enggak mau kita seperti 2015 kemarin. Early warning, deteksi, pencegahan, kuncinya ada di situ. Jangan biarkan api sampai bergerak. Siapa yang harus bertanggung jawab? Kalau saya di daerah, TNI, Polri, dibackup BNPB. Yang namanya Pangdam, Kapolda, Danrem, Kapolres, Dandim, sampai ke bawah, Koramil, Polsek, semua digerakkan untuk mencegah ini. Tidak ada kata-kata tidak. Begitu api muncul kejar dia,” sambung Presiden.

Terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tersebut, Presiden memberikan sistem reward and punishment. Jika bekerja dengan baik, maka sudah barang tentu apresiasi dan hadiah akan didapatkan. Sebaliknya, pemberian sanksi atau bahkan pencopotan jabatan akan dilakukan kepada mereka yang lalai.

“Saya sudah janjian sama Kapolri dan Panglima TNI, ada reward and punishment. Yang terbakar semakin banyak, semakin gede, ganti, copot! Dari atas sampai ke bawah. Yang baik, tentu saja dipromosi. Ini kita kerja betul-betul kerja. Karena kemarin kita hampir di tiap lapangan. Jika pelaksanaan kurang, sampaikan ke BNPB. Karena BNPB enggak punya pasukan. Yang punya pasukan di TNI dan Polri,” tegas Presiden Jokowi. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Andi Narogong Bersaksi Akui Beri Uang USD 1,5 Juta Kepada Irman

Andi Narogong Bersaksi Akui Beri Uang USD 1,5 Juta Kepada Irman

Jakarta – Andi Agustinus atau Andi Narogong memberikan kesaksian dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis