Home > Ragam Berita > Nasional > BNPT Sudah Tetapkan ISIS Sebagai Gerakan Makar

BNPT Sudah Tetapkan ISIS Sebagai Gerakan Makar

Jakarta – Inspektur Jenderal Saud Usman selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menilai jika Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (UU Terorisme) perlu mendapatkan revisi. Sebabnya, undang-undang itu ia rasa belum lengkap mengatur secara keseluruhan hal terkait pencegahan terorisme.

BNPT Sudah Tetapkan ISIS Sebagai Gerakan Makar

“Kalau kita baca UU Terorisme, baru mengatur soal penyidikan, penuntutan, dan peradilan serta ancaman hukuman. Tapi untuk pencegahan dan pembinaan belum diatur. Teroris ini kan extraordinary crime, harus ada lek spesialis. Jadi UU 15/2003 harus diubah,” ujar Saud di Jakarta (Selasa, 19/1/2016).

Lebih lanjut Saud mengatakan jika secara khusus UU Terorisme saat ini memang belum mengatur mengenai cakupan terorisme secara lebih luas. Misalnya mengenai adanya seseorang atau kelompok yang mendeklarasikan dirinya bergabung dengan kelompok militan ISIS.

“Juga ada UU Ormas, yang mana semua bebas bentuk ormas. Kalau ada ormas yang melanggar izinnya cuma dicabut,” tambahnya.

“Jadi nantinya diatur mengenai siapapun WNI gabung sama khilafah ISIS akan masuk ke perbuatan pidana, yakni makar. Jadi diubahnya cakupan terorismenya. Dimasukkan juga soal (perluasan) pengertian makar. Lalu juga soal (perluasan) kriteria teroris itu sendiri, definisinya kayak apa,” kata Saud. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Penayangan Rapat Pemprov DKI Ternyata Telah Diatur Oleh Pergub Yang Dibuat Ahok

Penayangan Rapat Pemprov DKI Ternyata Telah Diatur Oleh Pergub Yang Dibuat Ahok

Jakarta – Di jaman Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), rapat Pemprov DKI Jakarta direkam dan ditayangkan ...