Home > Teknologi > Sains > Jika Tak Ingin Terjangkit Kanker, Jangan Gunakan Batu Arsenopyrite Sebagai Akik

Jika Tak Ingin Terjangkit Kanker, Jangan Gunakan Batu Arsenopyrite Sebagai Akik

Jakarta – Batu akik dan batu mulia merupakan satu material yang berfungsi untuk menyempurnakan sebuah perhiasa, seperti misalnya cincin, kalung, ataupun anting. Batu-batu mulai atau akik itupun memiliki jenis yang sangat banyak, dan kadang kali membawa ciri khas dari daerah asalnya masing-masing.
Jika Tak Ingin Terjangkit Kanker, Jangan Gunakan Batu Arsenopyrite Sebagai Akik
Dari sekian banyak jenis batu mulia, atau batu akik, ternyata ada beberapa darinya yang sangat berbahaya bila dipakai sebagai perhiasan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kimia di dalamnya yang memiliki efek merusak bagi jaringan hidup dari sebuah organisme. Tak hanya manusia, batu-batu berbahaya itu bahkan ada yang bisa membunuh tanaman seketika.

Salah satu batu berbahaya yang memiliki bentuk sangat indah adalah Arsenopyrite. Informasi yang diperoleh Harian Indo, Rabu (20/1/2016), mengatakan bahwa batu Arsenopyrite memiliki wujud yang sangat mirip dengan emas.

Studi terhadap batu Arsenopyrite mengatakan bahwa debu yang dihasilkan dari batu ini memiliki aroma yang mirip dengan bawang putih. Namun demikian, jangan sampai anda menghirup aromanya terlalu banyak. Sebab, di dalam partikel-partikel debu Arsenopyrite terdapat unsur arsenik sulfida berkonsentrasi tinggi yang bisa merusak tubuh.

Batu yang penanganannya harus benar-benar hati-hati itu dipastikan berbahaya karena racun logam berat tersebut. Selain itu, batu ini juga disebut-sebut bisa memicu terjadinya kanker yang terpicu dari kerusakan jaringan tubuh akibat terlalu banyak terpapar olehnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Jakarta – Perdebatan antara Tuhan dan ilmu pengetahuan seharusnya tidak perlu lagi karena mereka berjalan ...